Tekno  

Jangan Diganti, Kaca Spion Bawaan Motor Lebih Safety

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Sebagian orang, terutama anak-anak muda tidak senang dengan spion sepeda motor bawaan pabrik. Mereka lebih suka mengganti dengan yang lain.

Hal yang membuat mereka mengganti, karena kaca spion bawaan pabrik terlalu lebar sehingga mengganggu ketika selap-selip di kemacetan. Mereka mengganti dengan spion aftermarket yang minimalis atau memindahkan posisinya.

Sayangnya banyak produk aftermarket kurang memperhatikan unsur keamanan dan kenyamanan sepeda motor saat dikendarai.

Faktanya, spion mempunyai fungsi sebagai instrumen penting penunjang keselamatan dalam berkendara. Penggunaan spion yang benar dapat membantu kita secara cepat melihat, memantau kondisi dibelakang, dan mengukur jarak dengan pengendara lain sehingga bisa mempunyai inisiatif jika ada bahaya dari arah belakang.

Bahkan spion juga memudahkan pengendara saat mundur ketika berada diparkiran yang padat.

Alfian Dian Pradana, seperti dilansir liputan6, Jumat, 17 Juni 2022, selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah menerangkan bahwa pabrikan sudah mendesain spion sedemikian rupa mulai dari bentuk, ukuran, bahkan pertimbangan untuk dapat melihat dengan jelas objek dibelakang pengendara agar nantinya spion itu bisa berfungsi secara maksimal dan menyelamatkan bikers dari bahaya yang tidak terlihat di belakang.

Namun jika tetap ngotot untuk menganti spion standar, Alfian menyarankan beberapa hal agar fungsinya tidak berkurang.

Misalnya menggunakan dimensi spion dari pabrikan, posisi spion jangan melebihi lebar handlebar/stang, dan mengatur sudut pandang bagian cermin dari spion terlihat 1/3 bagian, terlihat lengan atau bagian tubuh pengendara.

Selanjutnya sisa 2/3 luas cermin spion memuat situasi bagian belakang dari motor, dan pastikan pemasangan yang tidak menimbulkan getaran pada spion yang akan membuat mata cepat lelah.

“Cermin spion memiliki desain permukaan cembung sehingga mampu menangkap objek lebih banyak di belakang dan memendarkan cahaya lampu sorot lampu depan pengendara lain dari belakang jika malam hari,” imbuhnya.

Perlu diketahui cermin spion memiliki area yang terbatas menampilkan seluruh kondisi belakang, Tapi spion sangat membantu jika membutuhkan melihat cepat kondisi dibelakang yang terdekat dengan kendaraan kita.

Editor: Deandra

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *