Hukum  

Awas!! Hoaks, Ujaran Kebencian Bakal Ditindak Satgas Nusantara

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – Untuk mencegah terbentuknya polarisasi di tengah masyarakat, berkembangnya ujaran kebencian dan berita bohong atau hoaks menjelang Pemilu 2024, Polisi Republik Indonesua ( Polri)  menyiapkan yang namanya Satgas Nusantara.

Pembentukan Satuan Tugas (Satgas) ini bertolak dari pengalaman saat Pemilu 2019 silam. Dimana maayarkat terkotak- kotak dan terpolarusasi sedemikian rupa. Sehingga berpotensi menimbulkan berbagai macam konflik.

“Berangkat dari pengalaman pemilu 2019, tentunya kita tidak bisa menghindari polarisasi, politik identitas, hoaks, ujaran kebencian, itu tidak bisa kita hindari,” ujar Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Dedi Prasetyo di Jakarta, Minggu 19 Juni 2022.

Polri sudah menyiapkan Satgas Nusantara, sebagai bentuk ‘cooling system’. Nantinya akan berkolaborasi dan melakukan kegiatan literasi, sosialisasi, dan pengingat apabila ada masyarakat atau kelompok tertentu yang menyebarkan, memviralkan konten-konten yang bersifat polarisasi, politik identitas, serta hoaks.

Dia menambahkan, apabila sudah diingatkan dua kali namun masih saja melakukan hal yang dilarang, maka akan ada tindakan hukum.

“Pak Kapolri (Jenderal Listyo Sigit Prabowo) selalu mengingatkan mari kita menjaga persatuan dan kesatuan, merawat kebhinekaan dalam bingkai NKRI,” tegasnya.

Dedi mengaku belum tahu kepastian waktu tugas Satgas. Namun, dia menegaskan dalam waktu dekat satgas sudah aktif bekerja.

“Ini masih kita godok terus, berapa kekuatan, kemudian ancaman apa saja yang dimungkinkan akan terjadi, berapa sarpras yang digunakan ini semua masih digodok. Insyaallah dalam waktu dekat akan disampaikan bahwa operasi Manta Brata di seluruh Indonesia,” ucapnya.***

Editor: Zulfilmani

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *