Riau  

Tol Pekanbaru-Bangkinang Segera Beroperasi, Sertifikat Layak Sudah Ada, Tunggu Aba-aba Jokowi

Ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang segera beroperasi. Tinggal menunggu peresmian oleh Presiden Jokowi (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Dalam waktu dekat Tol Pekanbaru-Bangkinang segera difungsikan. Saat ini pengelola jalan Tol sedang menunggu keputusan Presiden Joko Widodo.

“Konstruksi pekerjaan fisik proyek tol tersebut sudah seratus persen, tunggu jadwal peresmiannya saja,” kata Project Director Tol Pekanbaru-Bangkinang Bambang Eko dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Pekanbaru, Riau, Selasa, 13 September 2022.

Disebutkan, ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang merupakan bagian dari jalan Tol Trans Sumatera, Pekanbaru-Padang.

Saat ini, ruas jalan tol tersebut sudah mengantongi sertifikat layak fungsi dan layak pakai dari Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR.

Dengan keluarnya sertifikat itu, berarti tidak ada lagi masalah dengan akses masuk di Sungai Pinang Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar hingga pintu keluar menuju Kota Bangkinang.

“Kalau memang akan dioperasikan, kami sudah siap dan sertifikat layak pakai sudah ada,” tambah Bambang Eko.

Sebelumnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mengumumkan akan mengoperasikan sebanyak 6 ruas tol baru sepanjang 87 km. Satu di antaranya seksi ruas tol yang menghubungkan Pekanbaru-Padang, yakni Pekanbaru-Bangkinang.

Namun pengoperasian ruas-ruas tol tersebut tergantung pada keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Apakah Presiden Jokowi ingin meresmikan atau tidak.

Tol Pekanbaru-Bangkinang merupakan koridor pendukung atau sirip dari ruas tol Pekanbaru-Padang sepanjang 254 kilometer. Memiliki jalan utama sepanjang 40 kilometer serta 6 jembatan dan 2 rest area.

Jarak dari Pekanbaru-Bangkinang jika melewati jalan nasional adalah sekitar 58,8 Km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 40 menit. Sedangkan jika menggunakan tol jarak tempuhnya lebih singkat atau 30-45 menit.

Redaktur: Denni Risman – Sumber: antara

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews