Umum  

Paska Tragedi Berdarah Stadion Kanjuruhan Malang, PT Liga Indonesia Baru Putuskan Liga 1 Ditunda

pask tragedi berdarah stdion kanjuruhan liga 1 ditunda
Sebuah mobil milik polisi rusak paarah diamuk masa di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu, 1 Oktober 2022 (antara)

LAMANRIAU.COM, MALANG – Operator Liga I, PT Liga Indonesia Baru memutuskan Liga I di tunda selama satu pekan. Penundaan itu terkait dengan kerusuhan berbuah tragedi berdarah di Stadion Kanjuruhan Malang, usai pertandingan Arema FC Malang melawan Persebaya Surabaya, Sabtu, 1 Oktober 2022.

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru Akhmad Hadian Lukita mengatakan putusan tersebut di ambil setelah mendapatkan arahan dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

“Ini di lakukan untuk menghormati semua pihak, sambil menunggu proses investigasi dari PSSI,” katanya, Sabtu, 1 Oktober, malam.

Dia mengatakan kerusuhan di Stadion Kanjuruhan menyebabkan ratusan korban berjatuhan. Polda Jawa Timur menyebutkan 127 orang meninggal.

“Kami prihatin dan sangat menyesalkan peristiwa tersebut. Kami ikut berdukacita dan semoga ini menjadi pelajaran berharga bagi kita semua,” ujarnya seperti di lansir antara, Minggu, 2 Oktober 2022.

Kronologi kerusuhan berawal saat ribuan suporter Arema FC, Aremania, merangsek masuk lapangan setelah tim kesayangannya kalah 2-3 dari Persebaya.

Polisi menembakkan gas air mata di dalam lapangan. Hal ini yang membuat banyak suporter pingsan dan sulit bernafas.

Para pendukung yang bertumbangan membuat kepanikan di area stadion.

Jumlah suporter yang membutuhkan bantuan medis tidak sebanding dengan jumlah tenaga medis yang di siagakan di Stadion Kanjuruhan.

Banyak suporter yang mengeluh sesak nafas terkena gas air mata dan terinjak-injak saat berusaha meninggalkan tribun stadion.

Penulis: Denni RIsman – Sumber: antara
Editor: Denni RIsman

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews