Usai Deklarasi Anies Sebagai Capres Seleksi Alam di Partai Nasdem Dimulai, yang tak ‘Sabaun’ Mulai Mundur

LAMANRIAU.COM, JAKARTA – Seleksi alam di dalam Partai Nasional Demokrat ( NasDem) sejak partai itu mengumumkan dukungannya untuk Gubernur DKI Jakarta sebagai calon presiden pada Pilpres 2022.

Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali mengatakan, Nasdem menghormati keputusan dua kader yang mengundurkan diri setelah Nasdem mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres).

Ali menyatakan, keputusan untuk mundur itu memang sudah tepat dan Nasdem tak bisa menghalanginya. Ia pun mengibaratkan pengunduran diri kader sebagai seleksi alam.

“Kata ketua umum, keputusan kemarin ini juga akan menyeleksi loyalitas kader terhadap partai. Jadi, ini akan terjadi seleksi alam,” kata Ali seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa 4 Oktober 2022.

Dikabarkan, dua kader Nasdem yaitu Andreas Acui Simanjaya dari Kalimantan Barat dan Niluh Djelantik mundur dari partai setelah Anies dideklarasikan sebagai capres Nasdem.

Ali membenarkan bahwa keduanya sudah menyatakan mundur dari partai. Ia lantas mengatakan, ada dua hal yang perlu dipegang oleh setiap kader.

Pertama, kesediaan untuk memimpin dan dipimpin. Jadi ada hal yang harus kita pahami betul sebagai kader bahwa ruang-ruang dialektika itu tetap terbuka.

Kedua, kader harus paham bahwa tidak semua kepentingan diri sendiri bisa diakomodasi oleh partai.

Artinya, menurut Ali, semua kader hendaknya mengikuti apa yang menjadi keputusan partai.

Dalam kaitan pengusungan Anies, kata Ali, semua kader hendaknya mengikuti hal itu sesuai keputusan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

“Nah kalau kemudian kamu tidak setuju, ya saya pikir monggo silakan keluar. Nah itu adalah sebuah kedewasaan kita dalam berorganisasi,” kata mantan Ketua Fraksi Nasdem DPR itu.

Kendati demikian, Ali mengakui bahwa keputusan mengusung Anies sebagai capres tak membuat semua kader merasa puas.

Menurut Ali,  sebagai seorang tidak bisa kemudian kita mengikuti hawa nafsu kita.

“Keputusan dua kader mengundurkan diri itu ya sudah bagus, sudah tepat. Kalau dia mau mundur ya monggo,” kata Ali.

Partai Nasdem resmi mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres yang akan diusung pada Pilpres 2024.

Pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

“Pilihan capres Nasdem adalah yang terbaik daripada yang terbaik. Inilah akhir Nasdem memberikan seorang sosok Anies Baswedan,” ujar Paloh di Nasdem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin 3 Oktober 2022.

Paloh turut mengungkapkan alasannya memilih Anies sebagai capres 2024.

“Kenapa Anies Baswedan? Jawabannya: Why not the best?” kata dia.***

Editor: Zulfilmani/Penulis Zulfilmani

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *