Francesco Bagnaia Menjadi Juara Dunia MotoGP

Francesco Bagnaia Menjadi Juara Dunia MotoGP

LAMANRIAU.COM,KAMPAR – Francesco Bagnaia di nobatkan sebagai juara dunia MotoGP 2022 meski finish kesembilan di MotoGP Valencia 2022  yang berlangsung di sirkuit Ricardo Tormo, Minggu 6 November 2022. Dia terpaut 14,471 detik dari Alexi Rins yang jadi juara.Alex Rins menjadi juara MotoGP Valencia dengan waktu tercepat 41 menit 22,250 detik. Posisi dua di huni oleh Brad Binder, pembalap KTM yang terpaut o,396 detik dan Jorge Martin ketiga.

Keberhasilan ini membuat Pecco, panggilan Francesco Bagnaia, mengukir sejarah sebagai pebalap Ducati pertama yang menjadi juara MotoGP usai Casey Stoner pada 2007. Selain itu, Bagnaia juga merupakan pebalap Italia pertama yang merengkuh mahkota juara dunia MotoGP setelah Valentino Rossi pada 2009.

Jalannya balapan

Francesco Bagnaia mengawali balapan dari urutan kedelapan. Adapun Jorge Martin mengawali balapan dari pole position atau posisi terdepan disusul Marc Marquez dan Jack Miller. Sementara itu, di barisan kedua ada Fabio Quartararo, Alex Rins, dan Maverick Vinales yang berurutan start dari posisi keempat sampai keenam. Adapun Francesco Bagnaia mengawali balapan dari urutan kedelapan.

Pebalap lainnya yang meramaikan 10 besar starting grid adalah Brad Binder, Johann Zarco, dan Aleix Espargaro. MotoGP Valencia 2022 merupakan seri terakhir Kejuaraan Dunia MotoGP 2022 sekaligus penentuan juara dunia antara Francesco Bagnaia dan Fabio Quartararo.

AE41 OUT! Petaka menimpa Aleix Espargaro pada lap keenam. Motor Aprilia miliknya mendapat masalah mekanik dan harus masuk ke pit, sekaligus menyudahi balapan.

MM93 CRASH! Marc Marquez terjatuh di Turn 8 lap kesepuluh. The Baby Alien pun out dari race MotoGP Valencia 2022!

Alex Rins memimpin balapan memasuki lap ke-15, disusul Jorge Martin dan Jack Miller. Quartararo mulai lepas dari Bagnaia dan menempati posisi keempat, sedangkan FB63 melorot ke urutan tujuh. Quartararo disalip Brad Binder dari posisi keempat. Bagnaia turun ke urutan sembilan setelah disalip Enea Bastianini.

Jack Miller mengalami crash di Turn 11 ketika race menyisakan lima lap lagi. Brad Binder naik ke posisi tiga di belakang Jorge Martin. Alex Rins tetap mempertahankan posisi pertama hingga melewati garis finis. Jorge Martin dan Brad Binder mengisi podium di urutan kedua dan ketiga.

Hasil MotoGP Valencia 2022

1 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
2 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
3 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP22)
4 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
5 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM (RC16)
6 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)
7 Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
8 Enea Bastianini ITA Gresini Ducati (GP21)
9 Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP22)
10 Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)
11 Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP21)
12 Raul Fernandez SPA KTM Tech3 (RC16)
13 Remy Gardner AUS KTM Tech3 (RC16)
14 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
15 Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP21)
16 Cal Crutchlow GBR WithU RNF Yamaha (YZR-M1)
17 Alex Marquez SPA LCR Honda (RC213V)
Editor: Fahrul Rozi
Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews