Qatar Pulang Lebih Awal Setelah Tumbang dari Belanda

Timnas Qatar harus melepas asa masuk di final Piala Dunia 2022 setelah gagal meraih kemenangan atas Belanda dalam pertandingan yang berlangsung di Al-Bayt Stadium, Kota Al-Khor, Selasa (29/11/2022).

LAMANRIAU.COM, AL KHOR – Tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar, memastikan pulang lebih awal setelah kandas 2-0 dari Belanda pada babak akhir penyisihan grup A pada pertandingan yang berlangsung di Al-Bayt Stadium, Kota Al-Khor, Selasa 29 November 2022 malam. Qatar tidak memperoleh satu poin pun dari tiga kali pertandingan yang sudah dilakoni.

Sementara Belanda kokoh sebagai juara grup dengan torehan 7 poin berkat dua kemenangan atas Senegal dan Qatar serta seri melawan Equador. Dengan demikian Belanda lolos ke babak 16 besar perebutan tropi piala dunia tahun ini.

Bermain di hadapan publik tuan rumah, Belanda berhasil unggul 1-0 atas Qatar pada babak pertama. Gol tercipta pada menit ke-27 melalui Cody Gakpo. Belanda mendominasi jalannya pertandingan.

Namun, justru Qatar selaku tuan rumah yang berhasil menciptakan bahaya lebih dulu. Laga baru berjalan tiga menit, tuan rumah mengancam lewat tembakan jarak jauh Hassan Al-Haydos. Tapi, bola mendarat mulus dipelukan penjaga gawang Belanda, Andries Noppert.

Semenit berselang, Belanda manciptakan kemelut di mulut gawang Qatar, namun masih belum bisa dimaksimalkan menjadi gol oleh Daley Blind. Belanda terus mengotak-atik bola untuk membongkar rapatnya pertahanan Qatar.

Usai unggul 1-0, Belanda malah lengah dan kehilangan bola. Hal itu dimanfaatkan Qatar untuk menciptakan serangan. Sayang, tembakan Ismaeel Mohamaad kembali ditangkap Andries Noppert. Belanda nampak mengendurkan serangan ketika sudah unggul.

Menjelang akhir babak pertama, justru Qatar yang lebih leluasa mengalirkan bola di area Belanda. Namun, Qatar tetap tidak bisa menyamakan kedudukan hingga penghujung babak pertama. Belanda tetap unggul 1-0 saat jeda.

Upaya The Maroons, julukan Qatar, untuk mencoba keluar dari tekanan Belanda masih berujung pada kegagalan. Para pemain Belanda terbukti lebih unggul, tidak hanya soal kualitas individu, tapi juga dalam menjaga struktur permainan, dibanding para penggawa Qatar.

Empat menit memasuki babak kedua, Belanda sudah menggandakan keunggulan. Kali ini giliran Frenkie de Jong yang merobek gawang tim tuan rumah. Berawal dari sundulan salah satu pemain bertahan Qatar saat menghalau umpan lambung Klaassen, bola berhasil dikuasai Depay yang berada di tiang jauh.

Depay kemudian melepaskan sepakan keras dari jarak dekat, tapi masih bisa dihalau kiper Qatar, Meshaal Barsham. Namun, Barshaam tidak bisa berbuat apa-apa saat bola pantulan itu disambar dengan cepat oleh De Jong tepat di mulut gawang The Maroons.

Pada menit ke-69, Belanda sebenarnya bisa mencetak gol. Vincent Janssen, yang masuk sebagai pemain pengganti, memanfaatkan sodoran umpan dari Steve Berghuis, yang juga tampil sebagai pemain pengganti. Namun, wasit menganulir gol ini setelah melakukan review VAR. Gakpo diketahui handball dalam proses terjadinya gol tersebut. Skor, 2-0, untuk kemenangan Belanda akhirnya bertahan hingga laga usai.

Dalam laga lainnya di Grup A yang berlangsung bersamaan, Senegal mengalahkan Ekuador 2-1 untuk finis sebagai runner-up dengan nilai enam. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews