Riau  

Pengelola BUMDes Harus Mampu Garap Potensi Desa di Riau

Anggota DPRD Provinsi Riau Zulkifli Indra menjadi pemateri pada Pelatihan Manajemen BUMDes yang diselenggarakan Dinas PMD Dukcapil Provinsi Riau

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Anggota DPRD Provinsi Riau Zulkifli Indra mengingatkan pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Rokan Hilir untuk memanfaatkan dengan baik Bantuan Keuangan (Bankeu) dari Pemerintah Provinsi Riau untuk membesarkan usaha yang dikelola. Berkembangnya BUMDes diyakini akan meningkatkan taraf perekonomian masyarakt desa.

Hal ini disampaikan Zulkifli Indra saat menjadi pemateri pada Pelatihan Manajemen BUMDes yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan, dan Catatan Sipil Provinsi Riau, Kamis 8 Desember 2022 di Hotel Bono Pekanbaru.

Menurut wakil rakyat dari daerah pemilihan Rokan Hilir tersebut, bantuan keuangan dari Pemprov Riau kepada Pemerintah Desa yang dapat digunakan sebagai penyertaan modal BUMDes dapat menjadi stimulus dalam mengembangkan berbagai usaha.

“Di sini dituntut kejelian pengelola BUMDes untuk dapat melihat potensi yang dimiliki desa sehingga dapat dikembangkan menjadi sektor usaha yang menguntungkan,” ujarnya.

Zulkifli Indra mencontohkan salah satu peluang yang dapat dikembangkan di beberapa desa di Rokan Hilir, yakni lidi sawit yang melimpah.

“Saat ini banyak negara membutuhkan lidi sawit ini, mereka mau mengimpor dari negara-negara yang memiliki potensi lidi sawit melimpah. Ini kan peluang yang harus ditangkap,” jelasnya.

Sebagai wakil dari masyarakat Rohil di lembaga legislatif, Zulkifli Indra mengaku dirinya terus berusaha memperjuangkan anggaran pembangunan untuk tanah kelahirannya itu.

Ia juga berharap dana yang dialokasi oleh Pemprov Riau ini dapat dimanfaatkan secara maksimal.

“Salah satunya ya lewat BUMDes ini, karena BUMDes dapat meningkatkan pendapat desa yang tentunya dapat dinikmati seluruh masyarakat jika usaha yang dikembangkan dapat terus tumbuh. Pengangguran juga bisa teratasi karena peluang kerja yang dibuka BUMDes,” harapnya.

Sebanyak 70 peserta pengurus BUMDes dan Pengulu mengikuti kegiatan pelatihan ini. Selain mendapat arahan dan motivasi dari Anggota DPRD Riau Zulkifli Indra, peserta juga mendapatkan materi pelatihan berupa strategi manajemen BUMDes dan pengenalan Digital Marketing dari Tim Riau Development Institute. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews