Universitas Riau Tuan Rumah Munas BEM Seluruh Indonesia XI

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Dalam rangka melanjutkan estafet pergerakan mahasiswa Indonesia, Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) XI yang akan di gelar pada tanggal 18-23 Februari 2018.

Kegiatan akbar ini berlangsung di Bumi Lancang Kuning Provinsi Riau, dimana Universitas Riau ditunjuk sebagai tuan rumah. Munas merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan pada setiap tahunnya oleh Aliansi BEM Seluruh Indonesia.

Kegiatan ini akan dihadiri pengurus BEM dari 107 ujiversitas yang tersebar di seluruh Indonesia, diantaranya Universitas yang ada di Sumatera Bagian Utara dan Selatan, Universitas Bagian se-Jabodetabek, Universitas yang ada di Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah-DIY, Universitas yang ada di Kalimantan Tengah, Barat, Timur dan Selatan, Universitas yang ada di Bali dan Nusa Tenggara, Universitas di Sulawesi dan Universitas yang ada di Papua serta Maluku.

Munae BEM SI XI nantinya akan dibuka secara resmi pada hari Senin (19/2) oleh Dr.(H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla selaku Wakil Presiden Republik Indonesia bertempat di Gedung Sutan Balia Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Riau.

Setelah opening ceremony, acara dilanjutkan dengan Dialog Kebangsaan yang berlangsung sebanyak 2 sesi. Sesi pertama berlangsung pada pukul 08.00-12.00 WIB dengan mengambil tema “Dari Kampus Untuk Indonesia : Berdaulatlah Negeriku!” yang juga menghadirkan Jenderal Pol (Purn.) Drs. Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D. selaku Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Republik Indonesia.

Kemudian pada siang harinya, dilanjutkan sesi kedua pada pukul 13.00-16.45 WIB dengan mengambil tema Sarasehan Nasional “Kedaulatan Energi : Antara Harapan dan Tantangan” yang turut menghadirkan beberapa narasumber handal dan sangat berkompeten dalam bidangnya, diantaranya, Gus Irawan Pasaribu (Ketua Komisi VII DPR RI), Marwan Batubara (Pengamat Migas RI), Said Iqbal (Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia), Faisal Basri (Pengamat Ekonomi RI), SKK MIGAS RI, Otto Gerentaka (Dirut Pertamina RI), Novriandi (Presiden Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu), Dahnil Anzar Simanjuntak (Ketua PP Muhammadiyah), Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral RI, dan beberapa dari narasumber tersebut masih dalam tahap konfirmasi.

Selain diisi dengan agenda Dialog Kebangsaan dan agenda inti Sidang Munas BEM SI XI yang dilaksanakan di Gedung PKM Kampus Gobah Universitas Riau, agenda juga diisi dengan kegiatan Ramah Tamah Gubernur Riau dan Silatbas di Gedung Serindit Riau, Aksi Nasional yang akan membawa isu tuntutan Kedaulatan Energi dan secara umum menggaungkan janji Presiden Jokowi yang telah dilanggar serta 20 tahun Reformasi.

Selain itu, agenda Munas juga akan diselingi dengan kegiatan Fieldtrip, Wisata Budaya di Museum Sang Nila Utama Riau, Wisata Intelektual di Pustaka Wilayah Riau, serta Wisata Religi di Masjid Agung An-Nur Riau untuk setiap peserta Musyawarah Nasional.

Presiden Mahasiswa Universitas Riau Rinaldi berharap melalui agenda Munas BEM SI XI pada tahun 2018 ini, gerakan mahasiswa se-Indonesia akan semakin solid, satu tujuan walaupun berbeda jalan, sebab harapan rakyat ada diantara pundak-pundak mahasiswa.

“Pada pertemuan yang kurang lebih akan diadakan satu pekan tersebut, dapat digunakan untuk membahas hal-hal startegis, khususnya kepentingan rakyat Indonesia,” harapnya (*)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *