Riau  

Banyak Pekerja Luar Sebabkan Lonjakan Angka Covid-19 di Riau

Gubernur Riau, Drs H Syamsuar Msi

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, melonjaknya kasus Covid-19 di daerah ini lebih disebabkan banyaknya pekerja perusahaan yang didatangkan dari luar daerah. Terlebih lagi setelah Pemprov gencar melakukan Swab massal.

“Kasus Covid-19 impor yang kemudian terkonfirmasi di Riau mendorong banyak perusahaan melakukan tracing dan melakukan swab mandiri. Kemudian kasus orang tanpa gejala juga banyak bermunculan di Riau, termasuk klaster dari berbagai perkantoran,” kata Syamsuar, Senin 12 Oktober 2020.

Baca : Meledak Lagi, Riau Catat Penambahan 310 Kasus Covid-19

Ia menyebutkan, puncak penambahan kasus Covid-19 di Riau terjadi pada bulan September lalu, dengan jumlah 5.699 kasus. Namun, tren lonjakan kasus sudah mulai terlihat sejak Juli-Agustus 2020.

Pemprov Riau sampai saat ini terus melakukan tes swab mandiri, baik di perkantoran pemerintahan maupun masyarakat.

Gencarnya upaya tes swab di Riau itu juga menjadi penyebab terjadinya lonjakan kasus, guna mendeteksi sekaligus mencegah penyebaran Covid-19.

“Kita sudah melakukan dengan membuat swab dengan target 1.500 per hari. Setelah Kita lakukan, ternyata banyak ditemukan klaster kasus, terutama di Pekanbaru,” kata Syamsuar.

Sejauh ini lonjakan kasus Covid-19 di Riau hampir mencapai 10 ribu orang. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau, jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 hingga Senin 12 Oktober 2020 mencapai 9.963 orang.

Sedangkan jumlah suspect yang isolasi mandiri berjumlah 8.223 orang. Kemudian, jumlah suspect yang isolasi rumah sakit berjumlah 233 orang. Sementara itu, suspect yang selesai isolasi berjumlah 28.759.

Adapun total suspect berjumlah 37.329 orang. Sementara itu, Laboratorium Biomolekuler Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Pekanbaru hingga saat ini telah memeriksa 109.793 spesimen. (kpc)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *