Tim Kukerta UNRI Kelurahan Lembah Sari, Sulap Ban Mobil Bekas Jadi Media Tanam Unik

LAMANRIAU.COM – Ditengah kondisi Pandemi Covid-19, Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Balik Kampung Universitas Riau (UNRI) tetap melaksanakan kegiatan. Seperti yang sedang dilakukan tim Kukerta UNRI di Kelurahan Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Timur, Kota Pekanbaru. Beranggotakan 10 orang mahasiswa dari jurusan Teknik Lingkungan, Ilmu Komunikasi, Manajemen dan Biologi.

Salah satu program kerja dari tim Kukerta ini adalah memanfaatkan barang bekas menjadi sesuatu yang memiliki nilai baru dan bermanfaat. Ban mobil bekas dipilih untuk disulap menjadi media tanam atau pot bunga. Sebanyak empat buah ban bekas digunakan.

Proses pembuatan dimulai dari membersihkan ban mobil bekas, kemudian dipotong sesuai bentuk yang diinginkan. Lanjut ke proses pengecatan dan pengeringan. Setelah itu, ban bekas bisa digunakan menjadi media tanam yang unik dan bisa menghiasi halaman rumah anda.

Menurut Azzam selaku Ketua Tim Kukerta Lembah Sari 2021 menjelaskan tujuan dari program ini, yaitu untuk mengedukasi masyarakat bahwasannya barang-barang bekas dan sampah maupun itu organik dan anorganic dapat diolah kembali menjadi sesuatu yg bernilai baru dalam pemanfaatannya.

“Agar masyarakat mengembangkan kembali ide-ide inovatif untuk pemanfaatan sampah-sampah yang ada sehingga timbulan-timbulan sampah dan berbagai macam barang bekas yang ada di sekitar wilayah masyarakat dapat dimanfaatkan bahkan menjadi nilai ekonomis bagi masyarakat,” jelas Azzam, Selasa (18/05/2021) (*)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *