Kampus  

Mahasiswa KKN UIN Suska Riau di Desa Aur Cina Ikut Kegiatan Adat Pengukuhan Batin Manggayahan

Mahasiswa KKN UIN Suska Riau berbaur dengan tokoh dan masyarakat Desa Aur Cina

LAMANRIAU.COM, RENGAT – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau mengikuti pengukuhan Batin Manggayahan bersama warga desa Aur Cina bertempat di dusun Pulau Kembang, Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu, Sabtu 16 Juli 2022.

Pengukuhan Batin Manggayahan adalah serangkaian upacara adat dalam mengukuhkan Ketua Adat Manggayahan. Pengukuhan Batin Menggayahan ini dilakukan oleh masyarakat Melayu Talang Mamak.

Turut hadir Kepala Desa Aur Cina, Kepala Desa Pataling Jaya, Babinkamtibmas, Babinsa, Batin Penghubung, Ketua Pemuda, Tokoh Adat Masyarakat, ibu-ibu PKK Desa Aur Cina, mahasiswa KKN serta masyarakat setempat.

Keikutsertaan mahasiswa KKN UIN Suska Riau dalam kegiatan ini menunjukkan peran mahasiswa dalam mengenalkan adat istiadat yang ada di Desa Aur cina serta turut serta dalam menjaga adat istiadat budaya daerah tersebut.

Batin Penghubung, Darwin menuturkan bahwa kegiatan adat ini diharapkan kedepannya dapat bersinergi bersama dengan pemerintahan, kepolisian, TNI, mahasiswa, serta seluruh elemen masyarakat dalam berkolaborasi bersama mengenai urusan adat.

“Bagi tamu undangan yang datang ke dusun Pulau Kembang maaf jika ada kekurangan dalam acara ini semoga yang baik-baik dapat diambil dan dijadikan pembelajaran untuk kedepannya. Mudah-mudahan kita semua diridhoi Allah SWT,” pesannya.

Ia menambahkan, jika nanti ada hal-hal yang kurang baik dalam rangkaian acara seperti tarian tradisional kain Melayu, pencak silat dan lain sebagainya dapat diperbaiki kedepan.

“Inilah sebuah rangkaian adat istiadat yang dari orang tua dulu yang harus kita lestarikan ke anak cucu,” pungkasnya. ***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: Nurgayah (Mahasiswa UIN Suska Riau)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *