Kualifikasi Piala Asia, Timnas U-17 Sukses Taklukkan Guam 14-0

Timnas Indonesia U-17 berhasil menaklukkan Guam 14-0 pada pertandingan pertama Gurp B Kualifikasi Piala Asia 2022 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Senin (3/10/2022) malam. (Foto: Sindonews.com)

LAMANRIAU.COM, BOGOR – Timnas Indonesia U-17 berhasil mencukur habis Guam dengan skor 14-0, yang masing-masing bersarang 7 gol pada babak pertama dan babak kedua, dalam lanjutan Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Senin 3 Oktober 2022 malam.

Kemenangan ini sekaligus pengobat luka atas musibah hitam sepakbola Indonesia di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu kemarin. Skuad asuhan Bima Sakti tampil dominan sejak awal babak babak pertama.

Tekanan yang terus diberikan itu berbuah gol saat pertandingan baru berjalan delapan menit. Tembakan terarah Arkhan memanfaatkan kesalahan koordinasi kiper dan pemain belakang Guam berujung gol yang membuat skor berubah menjadi 1-0.

Dua menit berselang, Arkhan kembali menempatkan namanya di papan skor. Penyerang Timnas Indonesia U-17 itu dengan tenang menceploskan bola usai menerima umpan Muhammad Nabil Asyura.

Timnas Indonesia U-17 mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-25. Sundulan Arkhan Kaka yang mengenai lengan Nicolas Chargualaf membuat wasit Mohammed Ahmed Al-Shammari asal Qatar menunjuk titik 12 pas.

Arkhan Kaka maju sebagai eksekutor. Tendangan remaja asal Blitar itu berhasil menggetarkan gawang Guam untuk membuat skor menjadi 3-0. Pada menit ke-27 giliran Narendra Tegar Islami yang menempatkan namanya di papan skor. Umpan Ridzjar Nurviat bisa dikonversi menjadi gol.

Empat menit berselang giliran Riski Afrisal yang mencetak gol melalui sundulan memanfaatkan umpan silang. Gol dari Riski diikuti quattrick Arkhan Kaka. Tembakan kerasnya sembari menjatuhkan diri di kotak penalti menggetarkan gawang Guam untuk kali keenam di laga ini.

Garuda Asia mencetak beberapa peluang lain di babak pertama. Hasilnya Sulthan Zaky bisa ikut menyumbang gol memanfaatkan umpan sundulan Arkhan Kaka yang membuat skor 7-0 hingga berakhirnya babak pertama.

Lumbung Gol

Timnas U-17 Indonesia benar-benar memanfaatkan peluang menjadikan Guam sebagai lumbung gol. Sebab gol demi gol terus disarangkan para pemain timnas U-17 Indonesia ke gawang lawan hingga peluit akhir pertandingan.

Babak kedua, Timnas Indonesia langsung menambah dua gol cepat melalui gol bunuh diri pemain Guam pada menit 46. Tiga menit berselang tepatnya menit ke-49, giliran Jehan mencetak gol kesembilan untuk Indonesia.

Pada menit ke-59, pemain pengganti Muhammad Gaoshirowi berhasil mencetak gol ke-10 Indonesia setelah dua kali gagal memanfaatkan peluang. Skuad Garuda unggul makin jauh, Papan skor berubah 10-0 untuk keunggulan Indonesia.

Pada menit ke-79, Habil kembali mencetak gol ke-11 Timnas Indonesia U-17 untuk menegaskan keunggulan atas Guam. Empat menit berselang, Figo Dennis memperbesar keunggulan Indonesia menjadi 12-0.

Tiga menit jelang waktu normal berakhir, tepatnya pada menit ke-87, Nabil Asyura berhasil mencetak gol ke-13 Timnas Indonesia dari titik putih, setelah seorang pemain Guam Donovan John Moss melakukan handball yang berbuah kartu kuning kedua dan kartu merah.

Pada menit terakhir, Ji Da Bin menggenapkan keunggulan Indonesia menjadi 14-0. Hingga laga berakhir, Timas Indonesia sukses mempertahankan keunggulan 14-0 atas Guam. Hasil ini membuat Indonesia memanaskan persaingan di Grup B.

Pertandingan Indonesia melawan Guam sendiri diawali dan diakhiri dengan mengheningkan cipta untuk mengenang dan menghormati korban kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang. Pertandingan ini juga diputuskan tanpa penonton oleh PSSI.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia berada di posisi kedua klasemen Grup B dengan raihan tiga poin. Indonesia unggul selisih gol dari Malaysia yang berada di posisi ketiga. Puncak klasemen jadi milik Uni Emirat Arab yang mendapat enam poin dari dua laga yang dimainkan.

UEA berhasil menduduki peringkat pertama setelah menjalani dua lagi melawan Guam dengan skor 9-0 dan Palestina 4-3. Sedangkan Malaysia berhasil menekuk permainan Palestina dengan hasil gemilang 4-0.

Pada laga kedua, Indonesia akan berjumpa Uni Emirate Arab. Laga ini akan dimainkan pada hari Rabu 5 Oktober 2022 di Stadion Pakansari. Jika menang, maka peluang Indonesia untuk berada di puncak klasemen terbuka lebar.

Susunan pemain

Guam: Jacob Toves; Nicolas Chargualaf, Caleb Sablan, Nicholas Moore; Donovan Moss, Erwin Baltazar, Beau Perez, Sean Halehale; Samuel Stenson, Levi Solomon, Brenden Tuey

Indonesia: Andrika Fathir Rachman; Ridzjar Nurviat, Habil Abdillah, Iqbal Gwijangge, Sulthan Zaky; Hanif Ramadhan, Riski Afrisal, Kafiatur Rizky, Narendra Tegar. ***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M Aminuddin

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews