Ada Fitur Baru di Smartphone, Namanya NFC. Ini Fungsi dan Kegunaannya

NFC adalah fitur baru di smartphone (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Setiap tahun selalu ada muncul gadget baru. Gadget baru berarti muncul pula fitur baru.

Yang terbaru dan ramai diperbincangkan adalah fitur baru NFC di smartphone. Disebutkan, NFC memungkinkan sistem pembayaran non tunai dengan kartu ATM atau uang kartu untuk bermacam keperluan seperti pembayaran gerbang tol, parkir dan sebagainya.

Tak salah, NFC menjadi teknologi canggih dan sering diminati banyak penggila gadget. Namun tak sedikit orang yang belum mengenal apa itu NFC di smartphone.

Arti NFC

NFC merupakan kepanjangan Near Field Communication atau komunikasi medan jarak dekat. Untuk mengaktifkan NFC, diperlukan dua perangkat. Satu perangkat bertindak sebagai pemancar (transmitter), sedangkan perangkat lain berfungsi sebagai penangkap sinyal.

NFC juga berprinsip pada sistem perangkat aktif dan perangkat pasif. Kartu uang elektronik berperan sebagai perangkat pasif yang bisa mengirimkan informasi tanpa daya ke perangkat NFC lain. Perangkat pasif tidak melakukan proses pengolahan informasi. Ia hanya menghubungkan dan membagikan data serta bersifat dependen (membutuhkan perangkat aktif lain).

NFC di smartphone berguna untuk cek dan top up saldo kartu e-money. Smartphone yang dibekali NFC inilah yang berkedudukan sebagai perangkat aktif. Perangkat aktif dapat menerima sekaligus mengirim informasi. Selain ditemukan pada ponsel, NFC juga ada di beberapa barang elektronik populer. Misalnya saja speaker, tablet, sampai game console.

Fungsi NFC

1. Pembayaran Digital

Aplikasi pembayaran seluler besutan brand-brand besar seperti Apple Pay, Samsung Pay, dan Google Pay menanamkan chip NFC di smartphone. Sebelumnya, sudah ada kartu kredit dan debit yang lebih dahulu menggunakan tag NFC. Aplikasi tersebut tentunya telah diawasi lembaga keuangan. Dengan NFC, Anda cukup menempelkan smartphone ke alat pembayaran yang tersedia toko-toko maupun mall.

2. Berbagi Data

NFC juga mampu mentransfer dokumen dari satu smartphone ke smartphone lainnya yang menggunakan fitur NFC. Cara kerjanya hampir sama dengan bluetooth. Bedanya bagian belakang kedua perangkat harus saling ditempelkan. Dengan metode ini, perintah menerima dan menyebarkan data berjalan secara otomatis.

3. Koneksi Antarperangkat

Selanjutnya, NFC juga bermanfaat sebagai penghubung perangkat dengan cepat. Teknologi NFC tidak mengharuskan sebuah perangkat memiliki layar. Sehingga speaker dan headphone bisa mudah tersambung dengan smartphone.

4. Game Lebih Realistis

Beberapa perusahaan game juga mengemas NFC menjadi permainan yang menyenangkan. Sebut saja Nintendo yang menghubungkan antara video game dengan permainan fisik. Ada lagi Amiibo yang menerapkan kartu perdagangan dan figur aksi dengan metode 3DS atau Nintendo Switch.

5. Kontrol Peralatan Elektronik

NFC mengkonfigurasi kontrol peralatan-peralatan teknologi seperti Home Assistant and Apple’s HomeKit.

Cara Kerja NFC

Secara singkat, cara kerja NFC serupa dengan WiFI dan bluetooth. Ketiganya berorientasi kepada pemanfaatan gelombang radio untuk memproses data. NFC merupakan hasil upgrade RFID. Sehingga NFC menerapkan cara induksi elektromagnetik untuk mengirim informasi.

Untuk bertukar informasi, NFC cukup menginduksi arus elektrik yang terdapat pada komponen pasif. Walaupun tidak membutuhkan daya, NFC bisa mengandalkan medan elektromagnetik sebagai sumber energi yang diperoleh dari komponen aktif saat bersentuhan. Hal inilah yang menjadi pembeda NFC dengan bluetooth.

Namun, bukan berarti NFC berguna untuk mengisi daya perangkat layaknya power sharing. Frekuensi NFC  dikeluarkan ketika mentransmisikan informasi sebesar 13,56 megahertz. Atau dengan kata lain, kecepatan transfer data berkisar antara 106 sampai 424 kilobit setiap detiknya.

Kegunaan NFC di Smartphone

Banyak orang yang menyangsikan kehebatan NFC. Sebagian dari mereka lebih memilih Bluetooth. Ditelaah lebih dalam, NFC lebih hemat daya baterai. Kecepatan koneksi antarperangkat NFC kurang dari 10 detik.

Sayangnya, implementasi NFC tidak ditemui di semua keluaran smartphone. NFC hanya tertanam sebagai hardware di smartphone dengan harga relatif mahal. Pembayaran digital dengan NFC juga membutuhkan peralatan khusus. NFC cenderung lebih rumit dibandingkan dengan QR Code yang hanya menggunakan kamera smartphone.

Editor: Deandra – Sumber: tempo.co

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *