Masyarakat Gelisah, WAG Suara Riau dan Sijari Taja Diskusi Sengkarut Sawit

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Komunitas WhatsApp Grup Suara Riau dan Simpul Jaringan Riau gelar diskusi publik dengan tema : “Sengkarut Sawit, Kenapa? yang digelar di Wareh Kupie Arifin Pekanbaru, Sabtu (30/07/2022).

Tata Haira selaku ketua Panitia Diskusi publik dalam kata sambutannya mengatakan digelarnya diskusi pada hari ini sebagai jawaban dari kegelisahan masyarakat yang selama ini berseliweran di beberapa media sosial WhatsApp diantaranya WAG Suara Riau, “Diskusi ini sebagai jawaban atas kegelisahan masyarakat selama ini mengenai sawit, kenapa Riau yang punya potensi terbesar dalam produksi dan lahan sawit, malah semakin membuat masyarakat tidak sejahtera,” ujarnya.

Diskusi pada hari ini mendatangkan beberapa pakar dan tokoh yang selama ini banyak berkiprah dan melakukan pengamatan didunia persawitan khususnya Riau diantaranya Ketua APKASINDO, Gulat Manurung, Anggota DPRD Riau Sugianto, serta dihadiri juga para pemantik yang mumpuni dibidangnya diantaranya Viator Butar-butar dan Drh. Chaidir serta beberapa tokoh dan pengamat dari berbagai disiplin dan latar belakang.

Direktur Sijari, Simpul Jaringan Riau Ricky Rahmadia saat membuka acara menyebutkan harusnya masyarakat Riau ini sejahtera karena punya lahan sawit yang luas. “Masyarakat Riau dewasa ini hampir 50% menggantungkan hidupnya kepada sektor sawit, bahkan Riau punya pelabuhan ekspor CPO terbesar di Indonesia,” ucapnya. (LR/yp)