Kalahkan Manchester City 3-1, Liverpool Raih Trofi Community Shield

Liverpool meraih kembali Tropfy Community Shield setelah menunggu 16 tahun (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Setelah menunggu 16 tahun, Liverpool meraih kembali Trofi Community Shield. The Reds mengalahkan Mancchester City 3-1.

Community Shield adalah pertandingan pembuka kompetisi sepakbola Inggris. Laga diadakan di Stadion King Power, Leicester, Sabtu waktu setempat, Minggu dinihari, 31 Juli 2022.

Pertandingan diwarnai drama keputusan asisten video wasit (VAR).

Berawal, VAR mengesahkan gol Julian Alvarez untuk City yang menghapuskan keunggulan Liverpool lewat Trent Alexander-Arnold di babak pertama.

Namun, VAR kemudian juga memberikan hadiah tendangan penalti untuk Liverpool yang sukses dieksekusi Mohamed Salah.

Darwin Nunez menandai debutnya bersama The Reds dengan sebuah gol pengunci kemenangan.

Liverpool berhasil membuka keunggulan pada menit ke-21 melalui gol Alexander-Arnold. Dia melepaskan tembakan dari tepian kotak penalty. Bola berbelok mengenai kepala Nathan Ake sebelum bersarang ke dalam gawang City.

Skor 1-0 bertahan hinga turun minum.

City memasuki babak kedua dengan ambisi untuk mengejar ketertinggalan. Tapi peluang awal mereka lewat Riyad Mahrez masih bisa dihentikan Adrian.

Juergen Klopp berusaha menyegarkan lini depan Liverpool. Darwin Nunez masuk menggantikan Roberto Firmino pada menit ke-59.

Pep Guardiola melakukan pergantian ganda. Dia memasukan Julian Alvarez dan Phil Foden masing-masing menggantikan Mahrez dan Jack Grealish.

City akhirnya mencetak gol balasan pada menit ke-70 saat Alvarez dengan cermat menyambar bola muntah hasil penyelamatan tak sempurna Adrian.

Gol itu awalnya sempat dianulir. Foden dianggap offside. Tetapi wasit Craig Pawson mengesahkannya setelah mendapat masukan dari VAR.

Momentum yang tengah berayun ke City, tiba-tiba berubah ke arah Liverpool. The Reds memperoleh hadiah tendangan penalti setelah VAR meninjau insiden bola sundulan Nunez yang mengenai tangan Ruben Diaz di dalam kotak terlarang pada menit ke-81.

Salah yang maju menjadi algojo sukses menaklukkan Ederson. Liverpool kembali unggul 2-1 atas City.
Pawson memberi waktu tambahan tujuh menit, mengingat pertandingan kerap dihentikan oleh VAR.

Menit kedua Haaland berhasil menjebol gawang Liverpool. Gol itu dianulir. Bola dianggap sudah  meninggalkan lapangan.

Dua menit sesudahnya justru Nunez yang mencetak gol dengan tandukan tajam di muka gawang City.

Liverpool akan membuka Liga Premier Inggris 2022-23 bertandang ke Craven Cottage menghadapi tim promosi Fulham pada Sabtu (6/8) pekan depan.  City sehari kemudian melawat ke markas West Ham United.

Redaktur: Denni RIsmn