20.000 Bibit Durian Musangking Dibagikan ke Anak Yatim, Wabup 50 Kota; Kita Berikan Pancing

Wakil Bupati 50 Kota Rizki Kurniawan bagi-bagi bibit durian Musangking ke anak yatim (net)

LAMANRIAU.COM, PAYAKUMBUH – Pemerintah kabupaten 50 Kota punya program baru untuk anak yatim di daerah ini. Mereka membagikan 20.000 bibit durian musangking untuk anak yatim.

Wakil Bupati Limapuluh Kota Rizki Kurniawan Nakasri menyebutkan, jika selama ini bantuan untuk anak yatim berupa uang, kali ini dibantu dalam bentuk bibit pohon durian.

“Selama ini program-program bantuan yang diberikan kepada anak yatim lebih banyak dalam bentuk uang. Dengan bantuan bibit ini, kita ibaratnya memberikan pancing. Jadi dapat terus berlanjut dan bertahan dalam waktu yang lama,” kata dia.

Disebutkan, setiap kepala keluarga yang memiliki seorang anak yatim mendapat dua bibit pohon. Dengan disediakan 20.000 bibit pohon, targetnya terbantu 10.000 anak yatim di Kabupaten 50 Kota.

“Masing-masing KK yang ada anak yatimnya itu kita berikan dua bibit. Namun jika nantinya masih ada keluarga yang ada anak yatim tidak dapat akan kita tambah bibitnya,” ucap Rizki seperti dikutip antara, Senin, 1 Agustus 2022.

Dalam pelaksanaan bantuan itu, pihak Pemkab saat menyerakan ke keluarga anak yatim, mereka langsung bantu menanamnya.

Tim Pemkab 50 Kota juga akan memantau pertumbuhan bibit setiap 3 bulan sekali. Jika ada yang mati, bibit langsung diganti baru.

Menurut Rizki, dipilihnya bibit durian Musangking, karena varietas durian ini bisa panen di bawah lima tahun.

Selain itu, harga jual durian Musangking terbilang tinggi dibanding jenis durian lain, termasuk durian lokal.

“Perkiraannya, kalau sudah panen bisa menghasilkan Rp6 juta sampai Rp12 juta setiap panen. Jadi, kalau diambil rata-ratanya, per bulan bisa menghasilkan Rp500 ribu sampai Rp1 juta,” sebutnya.

Redaktur: Denni Risman