Indonesia Gasak Singapura 9-0 di Piala AFF U-16 2022

Aksi pemain Timnas U-16 Indonesia versus Singapura pada laga matchday kedua Grup A Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu (3/8/2022).

LAMANRIAU.COM, SLEMAN – Tim Nasional Indonesia U-16 benar-benar menunjukkan tajinya setelah berhasil menggasak Singapura 9-0 dalam lanjutan Piala AFF U-16 Grup A yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu 8 Agustus 2022 malam.

Indonesia tampil gemilang saat pertandingan baru berjalan dua menit. Nabil Asyura membobol gawang Singapura dengan sepakan kaki kiri usai mengecoh pemain belakang lawan. Indonesia relatif menguasai permainan. Sementara tuan rumah Singapura mendapat peluang lewat tendangan bebas pada menit kedelapan, tapi tak membuahkan hasil.

Hanif Ramadhan membawa Indonesia memimpin 3-0 pada menit ke-20. Tendangan jarak jauhnya tidak bisa dihentikan oleh kiper Singapura. Kemudian Riski Afrisal mencoba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun bola masih menyamping tipis dari gawang Singapura.

Nabil Asyura kembali menambah gol bagi Indonesia pada menit ke-30 untuk mengukir hat-trick. Tandukannya menyambut sebuah umpan lambung dari tengah meluncur ke pojok atas gawang Singapura.

Indonesia sudah unggul 5-0 pada menit ke-36. Kali ini giliran Kafiatur Rizky yang mencatatkan namanya di papan skor usai menuntaskan umpan tarik dari Arkhan Kaka. Kafiatur Rizky kembali membobol gawang Singapura pada menit ke-42 untuk membawa Indonesia memimpin 6-0 sampai turun minum.

Pada awal babak kedua Indonesia benar-benar menguasai permainan hingga akhirnya gol ketujuh tercipta pada menit ke-59. Hingga berikutnya dari luar kotak penalti, Riski Afrisal melepaskan tendangan keras yang tak bisa dihadang oleh Efan Qiszman yang mengubah skor menjadi 7-0 untuk timnas U-16 Indonesia.

Menit ke-78, keberuntungan Indonesia kian tak terbendung setelah mendapatkan hadiah penalti usai Wally Marifat dijatuhkan di kotak terlarang. Wally Marifat yang menjadi eksekutor mampu menjalankan tugasnya dengan baik, sekor kembali bertambah 8-0.

Menutup permainan, melalui sontekan I Komang Ananta Krisna pada menit ke-90+2 membuat timnas U-16 Indonesia unggul 9-0. Skor tersebut bertahan hingga pertandingan berakhir.

Ini merupakan kemenangan terbesar yang mampu di raih sebuah tim di Piala AFF U-16 2022 sejauh ini. Timnas U-16 Indonesia melewati catatan Vietnam dan Thailand yang sebelumnya sempat meraih kemenangan dengan skor 5-0.

Untuk selanjutnya timnas U-16 Indonesia bakal menjalani laga penentuan melawan Vietnam. Duel antara timnas U-16 Indonesia versus Vietnam dijadwalkan terlaksana pada Sabtu tanggal 6 Agustus 2022. Pada waktu bersamaan timnas U-16 Singapura ditantang oleh Filipina. ***

Editor : Fahrul Rozi