Membuat Taman Rumah Minimalis dan Indah

Taman Rumah

LAMANRIAU.COM – Memiliki rumah dengan taman yang indah merupakan idaman setiap orang. Meskipun hanya memiliki sedikit ruang, namun elemen taman di dalam rumah merupakan aspek yang sangat penting. Hal ini mungkin akan menjadi kendala, namun jika dapat mensiasatinya dengan benar, kondisi ini bukanlah suatu masalah yang besar.

Baca : Menanam Cemara Perak Sebagai Hiasan

Untuk membuat taman minimalis pada lahan sempit dengan beberapa trik khusus. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan saat membuat taman rumah minimalis dalam lahan sempit.

Menyesuaikan desain dengan selera pemilik rumah

Saat membangun rumah, tentunya harus menentukan terlebih dahulu gaya arsitektur rumah yang diinginkan. Jika gaya arsitektur rumah adalah minimalis, maka desain taman juga perlu menyesuaikan dengan rumah minimalis sederhana.

Taman yang baik adalah yang memberikan kesinambungan antara ruang dalam dengan ruang luarnya. Maka dari itu, sebelum hendak membuat taman, tentukan terlebih dulu men-desain taman yang sesuai dengan selera dan dana yang kita miliki.

Menentukan jenis tanaman yang cocok

Selain menentukan desain taman yang sesuai, juga perlu memilih jenis tanaman rumah serta jenis bunga untuk taman yang akan kita gunakan. Perlu tahu bahwa tidak semua tanaman dapat tumbuh berkembang dengan baik dengan kondisi iklim yang berbeda. Jenis tanaman yang dipilih juga perlu menyesuaikan dengan iklim tempat tinggal, serta kondisi tanah taman rumah.

Sebagai tips pemilihan tanaman, jangan hanya memilih satu jenis rupa saja. Namun padukan dengan berbagai tanaman lain, mulai dari harmonisasi warna, bentuk tanaman dan sebagainya. Dengan begitu pemandangan taman rumah akan terlihat lebih menarik.

Menggunakan pola horizontal-vertikal

Karena lahan taman yang tersedia sangat terbatas, perlu cermat dalam mensiasati hal ini. Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan menggunakan kombinasi pola sistem vertikal atau dengan sistem horizontal.

Sistem vertikal biasanya dengan tanaman akan disusun menjulang keatas, sedangkan horizontal adalah sebaliknya. Jika menggunakan sistem horizontal, lahan yang tersedia juga dapat kita manfaatkan untuk menanam sayuran seperti terong, rempah daun dan sebagainya. Untuk itu, kita dapat memanfaatkan alat penunjang lainnya seperti rak alumunium, pot bunga beton dan sebagainya.

Menyesuaikan dekorasi

Tidak hanya memilih jenis tanaman yang akan gunakan, namun membuat taman minimalis dalam lahan sempit juga harus mempertimbangkan dekorasi yang akan kita gunakan. Dekorasi ini bisa berupa akuarium kecil, patung-patung, vas bunga, lampu taman dan sebagainya. Namun pilihlah dekorasi yang sesuai dengan tema serta ukurannya yang tidak terlampau besar. Mengingat luasan lahan yang tersedia tidak begitu banyak.

Meminimalisir biaya perawatan

Jenis tanaman tertentu akan membutuhkan biaya perawatan yang tinggi. Oleh karena itu, agar pengeluaran tidak membengkak, pilihlah jenis tanaman yang tidak mengeluarkan biaya perawatan terlampau banyak. Contohnya adalah bunga anggrek, yang dapat membantu meningkatkan estetika taman rumah.

Menambahkan rumput

Taman rumah tentunya tidak akan lengkap bila tidak kita lapisi dengan rumput taman. Terdapat berbagai jenis rumput taman yang dapat kamu gunakan. Ada dua jenis rumput populer yang sering digunakan pada rumah tinggal. Pertama adalah rumput jepang, yang dari segi estetika sangatlah indah. Cara menanam rumput jepang dan cara merawat rumput jepang juga tidak sulit, lho!

Untuk jenis rumput yang kedua, adalah rumput gajah mini yang keindahannya sudah tidak diragukan lagi. Cara merawat rumput gajah mini juga mudah untuk dilakukan. Kedua jenis rumput ini memang sangat digemari.

Memadukan dengan batu alam

Selain menciptakan ciri-ciri rumah sehat, taman halam rumah juga kita tujukan agar menghadirkan sisi natural dan alami pada hunian. Maka dari itu, dapat mencoba mengkombinasikannya dengan material batu alam. Seperti yang sudah kita ketahui, batu alam memiliki motif yang beragam dan sangat indah. Elemen ini dapat menjadi unsur pelengkap yang sangat cocok bagi taman rumah. ***

Editor : Fahrul Rozi