Inilah Sosok Nabil Asyura, Anak Payakumbuh yang Jadi Top Skor Sementara Piala AFF U-16

Nabil Asyura anak Payakumbuh Sumbar yang jadi top skorer Piala AFF U-16 2022 (aff)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Nama Nabil Asyura melejit saat dia membuat hattrick, mencetak tiga gol saat Indonesia bantai Singapura 9-0.

Tambahan satu gol ke gawang Vietnam, membuat namanya jadi top skor sementara Piala AFF U-16 2022. Namanya bertengger bersama Alexandro Lemas dari Timor Leste, serta PhanThanh Duc Thien dari Vietnam.

Tak banyak yang tahu, pemain dengan nama lengkap Muhammad Nabil Asyura adalah pencetak gol terbanyak di Piala Soeratin U-15 2022.

Anak Payakumbuh, Sumatera Barat itu tampil sebagai top skorer saat membela PSP Padang. Dia direkrut Klub PSP Padang setelah tampil cemerlang bersama Gasliko Kabupaten Limapuluh Kota dalam penyisihan Piala Soeratin U-15 tingkat Sumatera Barat.

Anak pasangan Bismianto dan Martaliza sudah bermain sepakbola saat masih di bangku SD. Dia menimba ilmu sepakbola di SSB Arafah Payakumbuh.

Postur tubuh yang tinggi 176 cm dan naluri pencetak gol, membuat pelatih Timnas Indonesia U-16 meliriknya.

Dia langsung jadi starter saat laga perdana Indonesia melawan Filipina. Sayang, pada laga perdana itu, Nabil tidak berhasil mencetak gol ke gawang lawan.

“Mungkin karena ini debut. Masih sedikit gugup dan belum bisa main lepas,” kata Nabil Asyura seperti dikutip klikpositif, Minggu, 7 Agustus 2022.

Baru di laga ke dua, permainannya mulai lepas. Naluri mencetak gol muncul. Tiga gol disarangkannya ke gawang Singapura. Di pertandingan ini juga Nabil terpilih sebagai Man of The Match.

Dalam pertandingan itu, Nabil mencetak hattrick, di menit ke-2, menit ke-17 dan menit ke-29.

Di laga terakhir penyisihan Grup A Piala AFF U-16 melawan Vietnam, Nabil jadi penentu kemenangan Indonesia dengan skor 2-1. Gol ini juga mengantarkannya ke daftar top skorer Piala AFF U-16 Boys Championship 2022.

Daftar Top Skor Sementara
4 gol: Nabil Asyura (Indonesia), Alexandro Lemos (Timor Leste), Phan Thanh Duc Thien (Vietnam)
3 gol: Hoang Cong Hau (Vietnam)
2 gol: Sou Menghong (Kamboja), Kafiatur Rizky (Indonesia), Faris Mohd Asrul (Malaysia), Tontawan Puntamunee (Thailand), Norbert Mota Goncalves (Timor Leste)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews