Mungkinkah Yamaha RX King Muncul Lagi? Ini Bocorannya

Yamaha Motor India berencana melahirkan kembali Yamaha RX King dengan nama RX King Reborn (liustrasi/net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Sudah lama Yamaha menghentikan produksi Yamaha RX King di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Penghentian itu berkaitan dengan emisi dari mesin dua tak yang diusungnya.

Padahal Yamaha RX King digandrungi anak-anak muda untuk berpacu di jalanan. Tarikan yang mantap ditambah lagi raungannya.

Terbetik kabar, Yamaha Motor India bakal memproduksi lagi type ini dengan nama Yamaha RX King Reborn.

Chairman Yamaha Motor India, Eishin Chihana seperti dikutip liputan6 dari The Hindu Business Line, mengungkapkan pihaknya sedang berancang-ancang mempruduksi Yamaha RX King Reborn.

“Kami ingin membangkitkan lagi merek Yamaha RX100. Memasang nama itu ke motor baru memang jadi rencana kami,” ujar Eishin Chihana.

Diketahui Yamaha RX100 merupakan cikal bakal dari keluarga besar Yamaha RX King Series.

Pertama kali diluncurkan pada tahun 1977, Yamaha RX100 langsung jadi favorit masyarakat dunia karena bentuknya yang spesial.

Desain ikonik Yamaha RX100 itu kemudian tetap jadi desain utama generasi Yamaha RX King selanjutnya. Romantika itulah yang kemudian coba dibangkitkan lagi oleh Eishin Chinana.

Untuk menghadirkan lagi RX King Reborn, pihak Yamaha menghadapi kendala soal dapur pacu 2 Tak.

Chihana mengatakan Yamaha RX King Reborn terkenal dengan teknologi mesin dua tak. Masalahnya adalah teknologi mesin itu sudah tidak sesuai dengan standar emisi yang ditetapkan oleh pemerintah India, termasuk di Indonesia.

“Sangat sulit membuat mesin dua Tak sesuai dengan regulasi emisi di India. Jadi membuat motor ini hadir kembali dengan desain atau rasa yang lebih moderen memang jadi tantangan berat,” kata Eishin Chihana.

Situs Car and Bike menganalisa problem terbesar dari hadirnya Yamaha RX King Reborn memang ada pada mesin.

Dulu mesin dua Tak digemari karena memiliki karakter ringan dan performa tinggi. Saat ini kondisinya jauh berbeda dengan karakter mesin empat tak yang jauh lebih berbeda.

Mesin empat Tak menurut mereka memiliki fokus pada keiritan konsumsi bahan bakar dan durabilitas tinggi.

“Menghadirkan kembali karakter Yamaha RX100 yang lincah, performa tinggi dan mesin ringan dengan konsumsi bahan bakar yang baik sepertinya akan jadi tantangan terberat,” tulis mereka.

Walau begitu, Yamaha akan mencoba menawarkan sesuatu yang baru tanpa menghilangkan warisan RX100 yang khas.

Kabarnya mesin yang digunakan adalah mesin satu silinder dua Tak berkapasitas 98 cc dengan sistem pendinginan udara.

Dari informasi yang beredar, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 11,1 daya kuda di 7.500 rpm dan torsi 10,39 Nm di 6.500 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 4-percepatan.

Meski begitu, RX100 reborn diprediksi akan hadir dengan desain terkini sembari tetap menawarkan sensasi dan pengalaman mirip pendahulunya.

Sayangnya Eishin Chihana belum memberi informasi secara pasti kapan generasi terbaru dari RX100 mengaspal.

Redaktur: Denni Risman – Sumber: liputan6