Pemkab Agam Jadikan Nagari Pasia Laweh Sentra Pembibitan Sapi Sumbar

Pemkab Agam bakal jadikan Nagari Pasia Laweh sentra pembibitan sapi unggul Sumbar (net)

LAMANRIAU.COM, AGAM – Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, merencanakan Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah, menjadi sentra pengembangan dan pembibitan sapi di Sumatera Barat.

Nagari ini dipilih karena punya potensi lahan dalam pengembangan peternakan sapi.

“Kita lihat Nagari Pasia Laweh miliki potensi dalam pengembangan sapi. Lahan pengembalaannya juga cukup bagus untuk dijadikan sentra pembibitan ternak sapi,” ujar Kepala Dinas Pertanian AgamAfniwirman.

Afniwirman mengakui kini kebutuhan bibit sapi yang berkualitas di Agam masih belum mencukupi, akibatnya peternak harus ke luar daerah untuk mendapatkan anak sapi.

“Apabila kita di Agam sudah miliki sentra pembibitan sapi, diyakini kebutuhan anak sapi yang unggul dapat terpenuhi,”ujarnya.

Wali Nagari Pasia Laweh Zul Arfin menyambut baik gagasan itu. Saat ini pihaknya telah mempersiapkan lahan hingga puluhan hektare untuk mewujudkannya.

“Kami bangga dengan inovasi dan gagasan dari Dinas Pertanian ini. Selain untuk mencukupi kebutuhan daging sapi, stok sapi kurban, juga pastinya destinasi wisata ternak. Kami sudah carikan lahan potensial,” katanya di Pasia Laweh, Sumbar, seperti dilansir republika, Senin, 5 September 2022.

Ia menyebutkan lahan yang disiapkan mencapai 200 hektare . Pilihan utama seluas 60 hektare dan sisanya 140 hektare sebagai cadangan.

“Pemilik tanah di daerah Bukik Kajai ini juga mendukung program ini. Mereka rela dibuatkan nanti kerja sama apakah pinjam pakai atau bagaimana,” ujar Wali Nagari Pasia Laweh.

Untuk meujudkan rencana Pemkab Agam itu, Nagari Pasia Laweh sudah membentuk tim terpadu. Tim ini telah turun ke lapangan untuk mensosialisasikan program Pasia Laweh Sentra Pembibitan Sapi Unggul Sumbar.

Redaktur: Denni Risman