Mau Cari Ponsel Hemat Baterai, Ini Dia Rekomendasi 3 Ponsel Mini

Iphone mini 13 dan zenpone jadi rekomendasi untuk ponsel hemat baterai (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Bagi pemakai ponsel, sering dikeluhkan soal ponsel boros baterai. Kalau sudah seperti ini, power bank menjadi kawan seharian.

Ada sejumlah produsen ponsel yang memproduksi ponsel hemat baterai. Mereka produksi ponsel dengan ukuran kecil.

Bagi mereka yang aktif, ponsel kecil jadi incaran. Selain praktis, ponsel kecil juga hemat baterai.

Pilihan untuk menggunakan ponsel ada beragam. Tinggal memilih, apakah mau memakai platform iOS khas Apple atau Android, semua tergantung selera.

Untuk platform Apple, ada iPhone 13 mini. Untuk android, ada Asus Zenfone 9.

Untuk iPhone 13 mini memiliki ukuran layar 5,4 inci. Sementara Asus Zenfone 9 layarnya 5,9 inci.

Meski iPhone 13 mini ukurannya lebih kecil, spesifikasi layar Asus Zenfone 9 lebih unggul karena sudah mendukung refresh rate 120Hz.

Asus Zenfone 9 juga memiliki jumlah RAM dua kali lebih besar dengan harga yang lebih murah. iPhone 13 mini 256GB dibandrol Rp 11,5 jutaan sedangkan Asus Zenfone 9 128GB harganya Rp 11 jutaan.

Varian iPhone 13 mini banhkan ada yang tembus di angka Rp 14,4 juta untuk penyimpanan 512GB.

iPHone 13 mini sudah bisa melakukan pengisian daya secara nirkabel.

Kemudian bagi yang ingin memungkinkan untuk dua kartu SIM Asus Zenfone 9 bisa dipertimbangkan.

Untuk proses, iPhone menggunakan Apple A15 Bionic sedangkan Zenfone mengandalkan Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1.

Ini berarti memungkinkan kita dapat menjalankan aplikasi apa pun di toko aplikasi masing-masing. Loading dengan cepat, dan melakukan banyak pekerjaan tanpa khawatir ponsel mengalami lelet.

Selain ukurannya yang kecil, kedua ponsel juga bisa diajak bermain game dengan sangat lancar serta melakukan edit foto atau video tanpa gangguan. Belum lagi keduanya turut dilengkali dengan kamera jempolan.

Sayangnya, masa depan ponsel kecil tidak terlalu cerah. Apple sendiri sudah mengumumkan bahwa mereka akan mematikan iPhone mini di seri iPhone berikutnya dan banyak pabrikan saat ini meluncurkan ponsel berukuran 6 inci.

Satu-satunya jalan adalah dengan memilih ponsel lipat. Misalnya saja Samsung Galaxy Flip4 dengan layar 6,7 inci yang dapat dilipat hingga setengahnya. Bahkan ada layar sekunder kecil di bagian luar untuk membaca notifikasi.

Meski begitu, Samsung Galaxy dan sejenisnya tetap ditujukan untuk penggemar teknologi dan memiliki harga yang relatif mahal.

Jadi iPhone 13 mini dan Asus Zenfone 9 masih menjadi yang paling direkomendasikan.

Redaktur: Denni Risman – sumber: liputan6