Kampus  

Meriahkan Milad ke-60 Universitas Riau Lewat Twibbon Menarik

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Universitas Riau (Unri) akan Milad ke-60 berdirinya universitas kebanggaan masyarakat Riau, pada 1 Oktober 2022 mendatang. Menyambut Milad ke-60, Rektor Unri Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA secara meresmikan telah meluncurkan logo dan maskot bertepatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan-Republik Indonesia, 17 Agustus 2022 lalu.

Hadirnya Universitas Riau bermula dari keinginan masyarakat dan pemerintah daerah untuk memiliki Perguruan Tinggi Negeri. Keinginan ini diwujudkan dengan membentuk Panitia Persiapan Perguruan Tinggi Riau (P3TR) di Tanjungpinang. Namun setelah ibukota Provinsi Riau pindah ke Pekanbaru, maka panitia ini dipindahkan ke kota ini.

Di antara pelopor pendirian adalah Kolonel Kaharuddin Nasution, Datuk Wan Abdurrahman, Soesman Hs. dan Drs Sutan Balia. Dari usaha keras kepanitian itu dibentuklah Yayasan Universitas Riau, maka lahirlah perguruan tinggi ini yang kelak diberi nama Universitas Riau pada tanggal 25 September 1962.

Selanjutnya diperkuat dengan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 123 tanggal 20 September 1963 yang berlaku sejak 1 Oktober 1962. Pada saat itu unversitas ini mempunyai dua fakultas, yaitu Fakultas Ketataniagaan dan Ketatanegaraan dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Pada 1963 Satu tahun berikutnya dibuka pula Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam. Kemudian pada tahun 1964 didirikan Fakultas Perikanan, sehingga lengkaplah Unri sebagai sebuah universitas dengan dua fakultas eksakta dan tiga non-eksakta.

Pada tahun yang sama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memisahkan diri dan menjadi IKIP Jakarta Cabang Pekanbaru. Namun empat tahun kemudian (1968) kembali bergabung dengan Universitas Riau dan dilebur menjadi dua fakultas, masing-masing Fakultas Keguruan dan Fakultas Pendidikan, sehingga saat itu Universitas Riau memiliki enam fakultas.

Tahun 1981 dibuka pula Fakultas Non Gelar Teknologi (FNGT) dengan Jurusan Penyuluhan Pertanian dan Teknik Sipil, yang merupakan cikal bakal Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik. Dua tahun berikutnya Fakultas Keguruan dan Fakultas Ilmu Pendidikan disatukan menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Tahun 1991 FNGT ditutup dan dibuka Fakultas Pertanian dan akhimya pada tahun 1994 berdirilah fakultas yang ketujuh, yaitu Fakultas Teknik.

Saat ini Universitas Riau memiliki 10 Fakultas yakni Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Keperawatan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Pertanian, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, serta Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Unri juga sudah memiliki program pascasarjana dan program doktor.

Ketua Panitia Milad ke-60 Unri, Prof Dr Ir Bintal Amin MSc, menyebutkan makna dari logo Milad ini mencerminkan unsur-unsur usia Unri, terkait bidang perikanan, unsur budaya Melayu, dan mudah dipahami oleh publik.

Pada milad ke-60 ini ada serangkaian kegiatanyang telah disiapkan yaitu peluncuran logo milad yang hingga puncak Milad ke-60 pada 1 Oktober 2022 mendatang.

Dalam rangka memeriahkan Milad ke-60 Universitas Riau, yuk mahasiswa dan alumni Unri untuk meramaikan melalui twibbon menarik dari Humas Universitas Riau dengan mengunduh link di bawah berikut ini :

1. Link Milad Unri a
2. Link Milad Unri b
3. Link Milad Unri c
4. Link Milad Unri d
5. Link Milad Unri e
6. Link Milad Unri f
7. Link Milad Unri g

Editor : Fahrul Rozi