Harga TBS Sawit Riau Turun Rp 64,25/kg, Ini Penyebabnya

Harga TBS Sawit Riau minggu ini turun (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Harga tandan buah segr (TBS) Sawit Riau minggu ini mengalami penurunan, Rp 64,25 per kilogram.

Dinas Perkebunan Provinsi Riau menetapkan harga TBS Sawit periode 14 sampai 20 September 2022 turun di setiap kelompok kelapa sawit. Penurunan terbanyak pada sawit kelompok umur 10-20 tahun menjadi Rp2.458,78/Kg.

Disbun Riau menyebutkan penurunan itu dipicu oleh turunnya harga minyak kelapa sawit mentah atau Crude Palm Oil (CPO).

“Terkoreksinya CPO disebabkan oleh prospek pasokan CPO dunia yang meningkat. Sementara China yang merupakan pembeli terbesar kedua setelah India, masih memberlakukan pembatasan aktivitas (lockdown). Selain itu harga CPO Riau terbebani oleh harga minyak kedelai yang anjlok,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan dan Pemasaran, Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau, Defris Hatmaja di Pekanbaru, Selasa, 13 September 2022

Diungkapkan, harga CPO juga kerap dipengaruhi oleh harga minyak saingan seperti minyak kedelai karena mereka bersaing untuk mendapatkan pangsa pasar.

“Sepanjang pekan harga minyak kedelai di Dalian anjlok 2,16 persen ptp, sedangkan harga minyak kedelai di Chicago Board of Trade jatuh 1,75 persen ptp,” tambahnya.

Redaktur: Denni Risman