Pusing Knalpot Mobil Bocor? Banyak Cara Mengatasinya

Knalpot mobil bocor membuat performa mobil menurun dan menimbulkan suara bising (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Sering kita dipusingkan dengan knalpot mobil yang bocor.

Selain menurunkan performa, knalpot yang bocor juga akan sangat mengganggu karena akan menimbulkan suara bising.

Untuk itu, pengendara perlu mengetahui beberapa cara mengatasi knalpot mobil bocor dikutip dari laman resmi Suzuki:

Menggunakan lem besi

Knalpot bocor yang dapat diatasi dengan menambelnya menggunakan lem besi. Penggunaan lem besi ini juga cukup mudah dan dapat dilakukan di rumah. Hanya perlu oleskan lem tersebut di bagian permukaan knalpot yang mengalami kebocoran.

Memakai bungkus rokok

Cara alternatif ini memanfaatkan bungkus rokok bagian dalam kemasannya atau biasa disebut dengan istilah grenjeng. Tinggal pilih grenjeng yang bagus lalu grenjeng ke permukaan knalpot yang bocor menggunakan lem.

Menggunakan lem sealer

Ada banyak jenis lem sealer di pasaran. Namun untuk menambal knalpot bocor tidak bisa menggunakan sembarang lem sealer. Kalian perlu memilih lem sealer yang tahan terhadap panas untuk menambal knalpot yang bocor.
Menggunakan seal tape aluminium

Seal tape aluminium bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk menambal panci bocor, knalpot bocor pun bisa. Cara penggunaannya juga sama, hanya perlu menempelkan seal tape aluminium ke knalpot yang bocor. Namun agar lebih aman tempelkan lebih dari satu lapis.

Las karbit

Cara lain mengatasi knalpot bocor adalah dengan menggunakan las karbit. Cara ini sangat efektif, namun tidak bisa dilakukan sendiri di rumah karena perlu alat yang memadai. Untuk melakukannya perlu membawa knalpot ke bengkel las karbit terdekat.

Menggunakan lem khusus

Untuk mengatasi kebocoran yang terjadi pada knalpot, bisa menggunakan lem khusus yang tahan panas. Saat ini sudah abnyak tersedia di pasaran bahkan yang mampu menahan panas hingga 1100 derajat celcius sekalipun.

Mengganti packing

Jika menambal knalpot masih belum efektif, bisa dengan cara mengganti paking knalpot. Disarankan menggunakan packing double atau menggunakan paking yang memiliki bahan dasar aluminium agar lebih awet.

Menggunakan aluminium foil

Aluminium foil umumnya bertempat di dapur dan digunakan dalam proses memasak. Tapi, aluminium foil juga berguna adalah untuk menambal knalpot yang bocor, asalkan kebocoran terletak di bagian ujung leher knalpot saja.

Ini lantaran aluminum foil tidak memiliki perekat seperti seal tape aluminium. Jadi penggunaannya hanya bisa dibagian tertentu saja itu pun harus benar-benar rapih pemasangannya agar tidak bocor.

Memanfaatkan aluminium muffler tape

Bentuk benda yang satu ini memang mirip dengan seal tape aluminium. Bedanya, perekat satu ini dikhususkan untuk knalpot. Penggunaannya hanya tingga rekatkan pada bagian yang bocor dengan rapi dan teliti.

Redaktur: Denni Risman – Sumber: okezone