Riau  

Musim Hujan Telah Tiba, BPBD Riau Mulai Siaga Antisipasi Banjir dan Longsor

Musim hujan telah tiba. BPBD Riau mulai siaga banjir (ilustrasi/net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Musim hujan telah tiba. Hampir sebagian besar di Provinsi Riau diguyur hujan setiap hari. Banjir dan longsor pun mulai terjadi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Riau, memperkirakan banjir akan terjadi pada Oktober, November dan Desember.

“Pada musim hujan itu maka potensi banjir pada Oktober, November, dan Desember 2022 diprediksi terjadi di Kabupaten Inhil, Kampar, Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Inhu, Bengkalis, Pelalawan, Siak, dan Kuantan Singingi,” kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Riau M Edy Afrizal melalui Kepala Bidang Kedaruratan Jim Ghafur dalam keterangannya di Pekanbaru, Minggu, 18 September 2022.

Untuk menghadapi bencana banjir dan longsor itu, BPBD Riau telah menyiagakan peralatan dan logistik. Jika terjadi bencana, maka mereka bisa dengan cepat melakukan evakuasi dan penanganan warga yang terdampak.

“Pada September 2022, Provinsi Riau saat ini memasuki musim transisi dari kemarau ke musim hujan. Sebagian kabupaten masih panas, namun sebagian daerah juga hujan. Artinya belum merata wilayah Riau hujan,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan BPBD kabupaten dan kota serta pihak terkait lainnya seperti BMKG, sehingga antisipasi bisa dilakukan sejak dini.

Redaktur: Denni Risman – sumber: antara