Riau  

BKKBN Gelar Workshop Pemberdayaan Kampung KB

BKKBN Provinsi Riau menyelenggarakan workshop pemberdayaan kampung keluarga berkualitas.

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Riau menyelenggarakan workshop pemberdayaan kampung keluarga berkualitas. Kegiatan ini dalam rangka optimalisasi kampung keluarga berkualitas di Provinsi Riau, Kamis 22 September 2022.

“Kampung keluarga berkualitas merupakan salah satu bentuk atau miniatur pelaksanaan program bangga perencana yaitu melibatkan semua lingkungan di BKKBN dan bersinergi dengan kementerian atau lembaga, mitra kerja serta instansi terkait sesuai kebutuhan dan kondisi wilayah yang dilaksanakan di tingkat pemerintahan penegak, sesuai dengan persyaratan penentuan lokasi keluarga berkualitas di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia,” ujar Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Mardalena Wati Yulia.

Kampung keluarga berkualitas merupakan salah satu program prioritas nasional sebagai upaya pemberdayaan penguatan institusi di tingkat desa dan kelurahan yang berfungsi meningkatkan kualitas sumberdaya manusia.

Dalam kegiatan ini memiliki beberapa tujuan diantaranya mensosialisasikan arah kebijakan dan Inpres Nomor 3/2022, menguatkan komitmen dan peran stakeholder dalam penyelenggaraan kampung keluarga berkualitas, menjelaskan pelaksanaan konvergensi dan integrasi di kampung keluarga berkualitas, serta menyusun rencana aksi optimalisasi penyelenggaraan kampung keluarga berkualitas di tingkat kabupaten dan kota.

Sesuai dengan Instruksi Presiden tentang optimalisasi penyelenggaraan kampung keluarga berkualitas ini merupakan tanggung jawab bersama.

“Dalam Instruksi ini terdapat pedoman dan regulasinya kampung keluarga berkualitas bukan hanya tanggung jawab BKKBN tetapi ada lintas sektor terkait bertanggung jawab bersama-sama dalam menjalankan program kampung keluarga berkualitas,” ucap Mardalena.

Untuk Provinsi Riau saat ini sudah terbentuk 310 kampung keluarga berkualitas dan memiliki target 1.875, dan ditahun 2024 semua desa dan kelurahan ditargetkan memiliki kampung keluarga berkualitas.

Kemudian, kata Mardalena, dalam rangkaian hari keluarga nasional yang ke 29 kampung KB berkah bersama Air Dingin kota Pekanbaru mendapatkan peringkat kedua di tingkat nasional.

Dengan adanya penghargaan kampung keluarga berkualitas ini, diharapkan adanya semangat gotong royong dari lintas sektor terkait, baik dari masyarakat pemerintah maupun swasta. ***

Editor : Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews