Meningkatkan Rasa Percaya Diri Saat Berhubungan Intim

percaya diri
Ilustrasi; Meningkatkan rasa percaya diri saat berhubungan intim.

LAMANRIAU.COM – Sering merasa kurang percaya diri saat berhubungan intim dengan suami? Mari ikuti tips meningkatkan rasa percaya diri saat berhubungan badan.

Menurut SKYN Condoms Millennial Sex Survey, hanya 45% milenial yang mengatakan bahwa mereka merasa luar biasa di ranjang. Itu berarti sebagian besar dari mereka merasa kurang yakin dengan kemapuan diri sendiri.

Memang seberapa penting rasa percaya diri saat berhubungan intim? Itu penting, karena tidak hanya demi kepuasan pribadi tapi juga membuat pasangan merasa luar biasa.

Baca : Tips Hubungan Seksual Sehat dan Menyenangkan

Bagi kamu yang masih kurang percaya diri di tempat tidur, ada beberapa tips meningkatkan rasa kepercayaan diri. Berikut tips meningkatkan rasa percaya diri saat berhubungan badan dengan suami.

Pelajari perasaan

Kamu disarankan untuk mempelajari perasaan diri sendiri lebih dulu. Mungkin bisa menulis jurnal seputar seks dan apa yang membuat kamu tidak percaya diri saat berhubungan badan.

Jika merasa tidak nyaman menuliskannya ke dalam sebuah buku maka bisa minta bantuan profesional. Terkadang, kamu butuh bantuan konselor untuk memvalidasi perasaan sendiri.

“Terkadang seseorang mungkin memerlukan dorongan dari konselor, terapis, atau psikolog karena seringkali rasa tidak percaya diri itu berasal dari trauma masa lalu, baik fisik maupun lainnya,” jelas Michelle Hope, seorang seksolog, seperti tulisan The Every Mom.

Cari tahu apa yang kamu suka

Cara meningkatkan rasa kepercayaan diri saat berhubungan intim lainnya dengan mencari tahu apa yang kamu sukai pada tempat tidur. Jujur pada diri sendiri dan tidak perlu minta maaf karena menyukai hal tersebut.

“Penting bagi kita mengenal diri sendiri. Hubungan pertama dimulai dari diri sendiri yang bisa menjadi pemicu ketenangan selama berhubungan seks atau dalam hubungan asmara,” tambah Hope.

Komunikasikan secara jujur

Setelah memahami diri sendiri mengenai seks yang disukai maka perlu komunikasikan dengan suami. Kamu mungkin lebih nyaman berbicara tentang apa yang kamu inginkan dan tak inginkan.

Hope menekankan bahwa penting mengomunikasikan hal ini sebelum berhubungan badan. Ini bisa membantu memperkuat pemahaman tentang diri sendiri, kemungkinan pemicu rasa malu, hingga rasa aman dan percaya diri saat berhubungan intim.

“Saya percaya bahwa percakapan seputar seksual dan potensi ketidaknyamanan seks harus terjadi sebelum berhubungan intim dengan pasangan,” saran Hope.

Lakukan kebiasaan yang lebih percaya diri

Setelah semua terbuka, maka tips meningkatkan rasa percaya diri berikutnya saat berhubungan intim adalah dengan membuat ritual pengembangan kebiasaan yang bisa melatih kepercayaan diri.

Ritual pengembangan kebiasaan ini bisa berupa perawatan diri agar lebih terlihat meyakinkan tampil depan suami. Kamu butuh refleksi dan eksplorasi agar bisa mengembangkan rasa kepercayaan diri.

Cari tahu minat yang bisa membuat kamu merasa seksi atas tempat tidur atau bergairah ketika bersama suami. Cobalah terus bersikap terbuka hingga bisa meningkatkan rasa percaya diri saat berhubungan seks. ***

Editor: Fahrul Rozi/Sumber: Haibunda

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews