Membuat Taman Kering Minimalis, Murah dan Indah

Taman Kering
Contoh salah satu desain taman kering yang indah. (Foto: Dinasti Arsitek)

LAMANRIAU.COM – Membuat taman kering menjadi salah satu alternatif mempercantik pekarangan rumah untuk kamu yang tidak mau repot-repot memotong rumput. Meski mudah, ada beberapa hal yang harus perhatikan dalam membuat taman kering minimalis.

Salah satu cara mengurangi kerepotan dalam merawat taman rumah adalah dengan membuat taman kering. Selain tidak merepotkan, juga tidak memerlukan biaya banyak untuk membuat sebuah taman kering minimalis.

Baca : Membuat Taman Rumah Minimalis dan Indah

Melansir 99.co dari tayangan Youtube Windha Nurmala Djohari, berikut adalah cara membuat taman kering minimalis yang murah meriah.

Alat dan Bahan

Sebelum membahas cara membuatnya, yuk persiapkan alat dan bahannya terlebih dulu. Berikut adalah alat dan bahan yang harus kamu siapkan:

  • Cangkul
  • Rumput sintetis setebal 2 cm untuk taman seluas 4 m²
  • Batu koral putih 30 kg
  • Membran rumput sintetis untuk taman seluas 4 m²
  • Tanaman lidah mertua
  • Tanaman janda bolong
  • Pohon karet kebo
  • Pot ukuran kecil diameter 15 cm, ukuran 25 cm, 21 cm
  • Pot besar berdiameter 30 cm dan 18 cm

Untuk jenis tanaman dan pot, bisa sesuaikan dengan selera sendiri.

Cara Membuat

Setelah menyiapkan alat dan bahan, yuk kita mulai membuat taman kering minimalis pekarangan rumah.

1. Ratakan Tanah

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah meratakan tanah agar permukaan yang kita lapisi dengan rumput sintetis juga bisa rapi dan rata. Setelah meratakan tanah, lapisilah tanah menggunakan pasir halus. Fungsi pasir ini adalah agar taman masih bisa menyerap air namun tidak menyebabkan becek.

2. Diamkan Taman Semalaman

Setelah menabur pasir, diamkanlah semalaman untuk menunggu pasirnya memadat. Sebelum memasang rumput sintetis, bersihkanlah taman dari daun-daunan dan sampah lainnya.

3. Pasang Membran Rumput Sintetis

Setelah taman bersih, lapisilah seluruh permukaan tanah dengan membran rumput sintetis. Sebagai saran, lebih baik kamu membeli membran melebihi kapasitas taman. Misalnya, luas taman rumah sebesar 4 m², belilah membran rumput sintetis seluas 6 m². Lebih baik kelebihan daripada kekurangan kan?

4. Pasang Rumput Sintetis

Setelah melapisi tanah dengan membran rumput sintetis, tahap selanjutnya adalah memasang rumput sintetis untuk taman kering minimalis rumah kamu. Pasanglah rumput sintetis secara rapi agar enak dipandang. Pastikan tidak ada sisi-sisi yang melipat. Kalau dirasa lembaran rumput sintetis terlalu panjang, jangan ragu untuk memotongnya agar taman terlihat lebih rapi.

5. Taburkan Batu Koral Putih

Jika pada ujung taman masih ada area kosong, taburkanlah batu koral putih untuk menambah estetika.

6. Taruh Tanaman Hias

Tahap terakhir dalam membuat taman kering minimalis ini adalah menaruh koleksi tanaman hias. Kamu bisa menata koleksi tanaman hias pada sisi-sisi taman agar hamparan rumput sintetis yang hijau masih bisa terlihat. Sekitar pot tanaman, bisa tambahkan batu koral putih agar taman terlihat lebih cantik. ***

Editor: Fahrul Rozi/Sumber: 99.co

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews