Kualifikasi Piala Asia, Timnas U-17 Sukses ke Puncak Klasemen

Piala Asia
Pemain Indonesia bahagia setelah berhasil menciptakan gol ke gawang Uni Emirat Arab pada laga Kualifikasi Grub B Piala Asia 2023, di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Rabu (5/10/2022). (Foto: CNN Indonesia)

LAMANRIAU.COM, BOGOR – Timnas Indonesia U-17 berhasil mengamankan tiga poin penuh atas Uni Emirat Arab (UEA) setelah memetik kemenangan 3-2, dalam lanjutan Kualifikasi Grup B Piala Asia 2023 yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Rabu 5 Oktober 2022 malam. Kemenangan ini membuat posisi Indonesia berada di puncak klasemen.

Bermain di kandang sendiri tanpa penonton, Indonesia mampu menekan permainan dari Uni Emirat Arab. Sejumlah serangan diciptakan para pemain Garuda Muda yang merepot gawang lawan. Serangan yang bertubi-tubi itu membuahkan hasil unggul lebih dulu 1-0 atas UEA.

Baca : Kualifikasi Piala Asia, Timnas U-17 Sukses Taklukkan Guam 14-0

Umpan silang Habil Abdillah dari sisi kiri yang mengarah ke kotak penalti disambut tendangan voli kaki kanan Nabil Asyura yang merobek gawang UEA pada menit ke-18.

Timnas Indonesia U-17 bisa memperbesar keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-30. Umpan terobosan Kafiatur Rizky yang tidak tepat dihalau pemain belakang UEA mampu dikonversi menjadi gol Arkhan Kaka Putra.

Dua menit berselang UEA mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 setelah terjadi kelengahan di pertahanan Timnas Indonesia U-17. Waleed Al Hammadi dengan skill individu¬łtenang menceploskan bola ke gawang Andrika Fathir lewat tembakan mendatar dalam kotak penalti.

Setelah UEA memperkecil kedudukan, Timnas Indonesia U-17 punya peluang yang bermula dari aksi individu Habil Abdillah. Bek kiri Timnas Indonesia U-17 itu melepaskan umpan ke kotak penalti yang mengarah ke Arkhan Kaka tetapi bisa dihalau pemain belakang UEA.

UEA kemudian bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-40. Ghaith Abdalla berhasil menggetarkan gawang Timnas Indonesia U-17 setelah lebih dulu melewati hadangan Iqbal Gwijangge.

Pertandingan berlangsung sengit di sisa waktu babak pertama. Namun skor imbang 2-2 bertahan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama.

Babak Kedua

Memasuki paruh kedua, Timnas Indonesia langsung mengambil inisiatif serangan. Barisan pertahanan UEA pun kelimpungan membendung gelombang serangan Garuda Asia. Hasilnya Indonesia kembali berbalik unggul.

Timnas U17 Indonesia akhirnya berhasil mengoleksi kemenangan setelah unggul atas Uni Emirat Arab 3-2. Arkhan Kaka kembali mencatatkan namanya ke papan skor. Kali ini, Arkhan melepaskan tembakan geledek dari ujung kotak penalti yang menghujam jala gawang Uni Emirat Arab.

Meskipun pada babak kedua, kedua tim saling serang. Tensi pertandingan pun memanas dengan banyaknya pelanggaran yang tercipta. Akan tetapi, berbagai peluang yang didapat kedua tim tidak berbuah positif. Skor 3-2 untuk kemenangan Indonesia atas Uni Emirat Arab bertahan hingga laga berakhir.

Hal ini pun membuat Indonesia berada di puncak klasemen sementara Grup B dengan menggeser Uni Emirat Arab. Sebenarnya kedua Negara sama-sama mengoleksi 6 poin dari dua kali kemenangan, namun Indonesia unggul selisih gol dari dua kali main, yakni 17 memasukkan dengan 2 gol kemasukan.

Sementara Uni Emirat Arab sendiri yang sejauh ini sudah memainkan 3 kali pertandingan, hanya mengemas 15 gol, dengan 6 gol kemasukan. Di bawahnya ada Malaysia dan Palestina, serta Guam sebagai juru kunci.

Susunan pemain

Indonesia: Andrika Fathir Rachman; Rizdjar Nurviat Subagja, Sulthan Zaky Pramana, Muhammad Iqbal Gwijangge, Habil Abdillah Yafi; Achmad Zidan Rosyid, M Riski Afrisal, Muhammad Kafiatur Rizky, Figo Dennis; Arkhan Kaka Putra, Muhammad Nabil Asyura

Uni Emirat Arab: Hamdan Mohamed Alhammadil; Rashif Saif Alshamsi, Saeed Amer Mohammad, Hussain Mahmood Lengawi, Ahmed Mohammed Katta, Abdalla Ahmed Alblooshi, Ali Jaber Sayah, Abdulaziz Mohamed Almarzooqi, Ghaith Abdalla, Mohammed Jumah, Waleed Mallalla Alhammadi. ***

Editor: Fahrul Rozi