Inilah Daftar 16 Negara yang Lolos Piala Asia U-17 2023, ASEAN Diwakili 4 Negara

Inilah Daftar 16 Negara yang Lolos Piala Asia U-17 2023
Indonesia gagal lolos ke PIala Asia U-17 2023. Kalah telak dari Malaysia, posisi Indonesia hanya jadi runer up terbaik 7 (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Babak kualifikasi Piala Asia U-17 2023 sudah tuntas. 16 negara di nyatakan lolos. Empat negara ASEAN akan tampil di Piala Asia 2023, tidak ada nama Timnas Indonesia U-17 di sana.

Indonesia gagal melangkah ke putaran final Piala Asia U-17 2023 setelah hanya finis di peringkat kedua klasemen akhir Grup B.

Kekalahan telak 1-5 atas Malaysia di laga pemuncak di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu 9 Oktober 2022 malam WIB membuat Garuda Asia terlempar ke runer up Grup B.

Timnas Indonesia U-17 sebenarnya masih bisa berharap untuk lolos melalui jalur runner-up terbaik. Sayangnya, kekalahan telak dari Malaysia berdampak luar biasa untuk catatan di klasemen ini.

Hanya ada enam dari 10 tim runner-up yang diberi jatah tiket lolos ke putaran final. Sayangnya, Indonesia berada di peringkat ketujuh setelah seluruh laga di mainkan semalam.

Malaysia finis sebagai juara Grup B. Mereka adalah salah satu dari total empat tim asal Asia Tenggara yang akan bersaing di putaran final.

Di tempat lain, Vietnam keluar sebagai juara Grup F. Mereka mengatasi Thailand dengan skor 3-0 pada laga pamungkas.

Namun, Thailand bisa tetap lolos ke putaran final setelah finis di peringkat kelima klasemen runner-up terbaik. Satu negara lain dari Asia Tenggara adalah Laos, yang finis tepat di bawah Thailand dan di atas Indonesia dalam klasemen runner-up terbaik.

Tadinya, putaran final Piala Asia U-17 2023 dijadwalkan untuk berlangsung di Bahrain pada musim panas tahun depan. Tepatnya pada tanggal 3 hingga 20 Mei 2023.

Namun demikian, Bahrain sendiri sudah mengundurkan diri sebagai tuan rumah sejak 16 Juni 2022. Hingga kini, belum diketahui tuan rumah baru untuk penyelenggaraan turnamen tersebut.

Berikut daftar 16 tim yang lolos ke Piala Asia U-17 2023:

Jepang, Malaysia, Qatar, Arab Saudi, India, Yaman, Vietnam, Thailand, Australia, China, Tajikistan, Afghanistan, Iran, Laos, Uzbekistan, Korea Selatan.

Editor: Denni Risman – Penulis: M. Amin