Anies Baswedan Resmikan Kampung Susun Bayam, Bukti Warga Gusuran Dapat Manfaat dari JIS

Anies Baswedan Resmikan Kampung Susun Bayam, Bukti Warga Gusuran Dapat Manfaat dari JIS
Jelang berakhirnya jabatan, ANies Baswedan meresmikan Kampung Susun Bayam untuk warga gusuran pembangunan JIS. (net)

LAMANRIAU, JAKARTA – Kampung Susun Bayam akhirnya rampung juga. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan langsung kampung susun itu, Rabu, 12 Oktober 2022, malam.

Dalam peresmian itu, Anies mengungkapkan Kampung Susun Bayam di bangun dengan mengedepankan prinsip keadilan sosial.

Pasalnya, Kampung Susun Bayam di bangun untuk warga gusuran dari pembangunan Jakarta Internasional Stadium (JIS) . Pembanunan Kampung Susun Bayam bertujuan agar warga kampung menjadi bagian kemajuan JIS.

“Hadirnya stadion ini membawa mereka yang tinggal di sekitarnya untuk tumbuh berkembang. Ini bukan malah tersingkir dan menonton dari jauh, tapi ikut merasakan manfaatnya,” kata Anies yang sebentar lagi mengakhiri jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi pada semua yang terlibat, baik dari teman-teman di Kampung Bayam sendiri dan stakeholder lainnya. Bahkan, ada juga pengacara, aktivis yang semua terlibat di dalam proses percakapan atau pembicaraan,” tambah Anies dalam keterangannya di kutip, Kamis, 13 Oktober 2022.

Kepada warga kampung Bayam, Anies mengimbau untuk menjaga suasana kampung.

“Mereka (anak-anak Kampung Bayam) nantinya akan punya masa depan yang lebih baik daripada generasi sebelumnya. Di sini, kita ingin membangun sambil memberikan kesempatan pada masyarakat Kampung Bayam untuk bisa ikut tumbuh. Alhamdulillah, proses itu tuntas hari ini,” ucap Anies.

Sebagai informasi, Kampung Susun Bayam ini terdapat 123 Kepala Keluarga Eks Warga Kampung Bayam. Kampung ini di bangun sebagai bagian dari aksi permukiman kembali warga Kampung Bayam yang terdampak atas proyek pembangunan JIS.

Kampung Susun Bayam terdiri dari 3 blok/massa bangunan dan 4 lantai dengan total 138 unit hunian. Sebanyak 3 unit hunian di antaranya di peruntukkan bagi di fabel.

Hunian tersebut terdiri dari 2 tipe dengan luas 36 meter persegi. Di lengkapi dengan dua kamar tidur, satu kamar mandi, dapur, ruang keluarga, serta balkon dan tempat jemur pakaian.

Fasilitas penunjang yang tersedia pada Kampung Susun Bayam, yaitu unit usaha warga, koperasi dan gudang, musala dan tempat wudu, taman kanak-kanak dan perpustakaan, aula serbaguna, toilet umum, serta ramp di fabel.

Editor: Denni RIsman – Penulis: Denni Risman/sumber: rmol