Liga Inggris, Salah Jadi Pahlawan Liverpool Libas City, Ini Jalan Pertandingan

Liga Inggris, Salah Jadi Pahlawan Liverpool Libas City, Ini Jalan Pertandingan
Gol satu-satunya dari Mohamed Salah jadi penentu kemenangan Liverpool atas Manchester CIty (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Premier League atau Liga Inggris makin panas. Liverpool berhasil melibas Manchester United.

Gol Mohamed Salah jadi kemenangan Liverpool di laga pekan ke-11 Premier League 2022/2023 di Anfield, Minggu, 16 Oktober malam WIB.

Pertandingan antara Liverpool lawan Manchester City ini berlangsung ketat. Ke dua tim saling serang. Namun, Mohamed Salah berhasil membungkam City lewat gol cantiknya.

Kemenangan ini membuat Liverpool naik ke peringkat 8 dengan 13 poin dari sembilan laga. Sementara Manchester City tertahan di posisi dua dengan raihan 23 angka dari 10 pertandingan.

Babak Pertama

Duel berlangsung dengan intens dan alot sejak kickoff. Kedua tim saling serang tapi masih gagal menciptakan peluang nyata di pertahanan lawan. Bola lebih banyak bergulir di tengah lapangan saja.

Peluang pertama akhirnya tercipta pada menit ke-16. Ilkan Gundogan melepas tembakan dari luar kotak penalti. Namun bola masih bisa di peluk dengan erat oleh Alisson di sisi kanan gawang Liverpool.

Menit ke-20 Liverpool akhirnya mendapat peluang pertamanya. Peluang ini sangat apik. Diogo Jota menanduk bola umpan Elliott dari halfspace kiri. Bola melaju cukup kencang, tapi sayang mengarah tepat ke pelukan Ederson.

Menit ke-23 peluang kembali muncul bagi Liverpool.  Robertson bisa menembak dari dalam kotak penalti City dengan leluasa, setelah menyambut bola tepisan Ederson. Sayangnya bola sepakannya masih melambung ke tribune penonton.

Menit ke-32 City akhirnya mendapat peluang lagi. Haaland mengejar bola terobosan di halfspace kiri dan masuk ke kotak penalti. Ia dikawal Van Dijk dan kemudian coba melambungkan bola. Tapi peluang itu di gagalkan oleh Alisson yang bergerak maju dari gawangnya.

Pada akhirnya tak ada gol tercipta sampai turun minum. Liverpool 0-0 Manchester City.

Babak Kedua

Pertandingan babak kedua kembali di mulai dengan alot. Namun kali ini Liverpool yang dapat peluang apik lebih dahulu pada menit ke-49.

Dari serangan balik, Mohamed Salah bisa berhadapan lawan Ederson saja. Ia kemudian melepas tembakan tapi bisa di tepis kiper Brasil tersebut. Bola melipir tipis ke samping kanan gawang Manchester City.

Menit ke-53, gawang Liverpool di jebol oleh Phil Foden. Ia menyambar bola yang sukses direbut Erling Haaland dari tangkapan Alisson. Bola masuk ke gawang. Akan tetapi kemudian gol tersebut harus diperiksa ulang via VAR. Ternyata VAR tak memeriksa adanya pelanggaran pada Alisson. Mereka memeriksa adanya pelanggaran Haaland pada Fabinho. Pada akhirnya gol Foden pun di anulir. 0-0.

Menit ke-55 Liverpool menciptakan peluang apik. Salah melepas umpan lambung dari halfspace kanan ke tiang jauh. Di sana ada Jota yang berdiri bebas. Sayang bola tandukannya melebar ke samping kanan gawang Ederson.

Menit ke-68, Liverpool kembali mendapat peluang. Kali ini dari Mohamed Salah. Usai mendapat umpan dari Firmino, ia melepas tembakan dari ujung kotak penalti. Namun bola sepakan kaki kirinya cuma melipir tipis ke samping kanan gawang City.

Menit ke-76, kebuntuan akhirnya terpecahkan. Alisson mengirim umpan panjang melewati garis tengah lapangan. Bola gagal di antisipasi Joao Cancelo dan bisa di kuasai Mohamed Salah. Pemain asal Mesir itu akhirnya tinggal berhadapan dengan Ederson lagi. Kali ini ia tak menyia-nyiakan peluang itu. Gol! 1-0!

Usai gol tersebut tensi laga meninggi. Sampai-sampai Jurgen Klopp pun di kartu merah pada menit ke-85. Gara-garanya ia memprotes wasit secara berlebihan. Dia menilai Anthony Taylor membiarkan pelanggaran Bernardo Silva pada Mohamed Salah.

Menit 90+2, Liverpool mendapat peluang apik lagi dari serangan balik. Darwin Nunez bisa mendapat kesempatan memilih mengumpan kepada Carvalho atau Trent di tiang jauh di kotak penalti City. Ia memilih opsi terakhir. Namun bola umpannya terlalu deras dan gagal dijangkau Trent.

Liverpool kemudian sukses mempertahankan keunggulannya atas Manchester City sampai laga berakhir. Mereka pun menang tipis 1-0 di laga big match Liga Inggris ini.

Editor: Denni Risman – Penulis: M. Amir