Riau  

7 Wartawan Dinyatakan Tidak Kompeten UKW Kerja Sama PWI Riau-SKK Migas Sumbagut Angkatan XIX-XX

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XIX dan XX yang digelar PWI Riau resmi ditutup Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang, Kamis, 20 Oktober 2022.

Sebanyak tujuh wartawan di nyatakan tidak kompeten dari total 57 peserta UKW yang di adakan dua hari di Hotel New Holywood Pekanbaru.

Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang mengucapkan selamat kepada yang lulus UKW dan dua peserta terbaik.

Dia mengatakan, kegiatan UKW bukan sekadar formalitas untuk mendapatkan kartu UKW.

“Materi UKW banyak sekali manfaatnya, terutama tentang aturan hukum yang diatur Undang-undang Pers serta kode etik jurnalistik. Tentunya materi tersebut sangat berguna bagi kawan-kawan wartawan dalam menjalankan tugas di lapangan,” kata Zulmansyah.

Menurutnya, peserta yang belum lulus UKW bukan berarti tidak memahami UU Pers dan kode etik. Namun, lebih kepada lalai dan abai terhadap peraturan dan kode etik yang mengatur perilaku wartawan.

“UU Pers dan kode etik ini harus kita taati dalam menjalankan tugas di lapangan. Kalau tidak, maka akan berhadapan dengan hukum. Sekarang wartawan juga bisa kena sanksi pidana selain di jerat UU ITE. itu banyak terjadi. Oleh karena itu, jangan sampai kita melanggar hukum,” tuturnya.

Zulmansyah yang juga mengantongi sertifikat ahli pers dari Dewan Pers ini berharap peserta yang di nyatakan kompeten jadi lebih profesional dalam menjalankan tugas kewartawanan. Dengan begitu akan terwujud pers yang berkualitas.

“Untuk itu, dalam bertugas di lapangan ada adab dan tata cara yang di atur kode etik dan UU Pers. Kawan-kawan yang lulus tentu sudah bertambah pemahaman dan wawasannya. Boleh juga di tularkan dan di eduksikan ke wartawan-wartawan di lapangan,” ujarnya.

Sementara itu, kepada peserta yang tidak lulus UKW, Zulmansyah berharap tidak berkecil hati. Sebab, masih ada kesempatan untuk mengulang enam bulan ke depan.

Sebagai informasi, pelaksanaan UKW dua angkatan ini ada sebanyak 10 Kelas, terdiri dari 7 kelas jenjang muda, 2 kelas madya, dan 1 kelas utama.

Kegiatan ini terselenggara atas dukungan sponsor SKK Migas Sumbagut KKKS Wilayah Riau yang sangat komitmen untuk membantu berbagai kegiatan PWI Riau untuk peningkatan kualitas wartawan.

Editor: Denni Risman – Penulis: Denni RismanĀ