Brasil Calon Kuat Juara Piala Dunia 2022, Ini Alasan Disebut Tim Samba

Brasil Calon Kuat Juara Piala Dunia 2022, Ini Alasan Disebut Tim Samba
Timns Brsil dijuluki Tim Samba karena para pemain seperti menari Samba saat menggocek bola di lapangan (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Timnas Brasil digadang-gadangkan sebagai favorit juara Piala Dunia 2022 di Qatar. Tim berjuluk Tim Samba favorit kuat karena punya prestasi dan pemain handal.

Brasil dari masa ke masa selalu tidak kekurangan pemain hebat. Satu pemain redup, muncul dua hingga tiga nama pemain besar lainnya.

Jajaran nama besar pemain Brasil terus bermunculan. Beberapa di antaranya adalah Pele, Garrincha, Ronaldo, Kaka, Ronaldinho, hingga saat ini ada Neymar dan Antony.

Kekuatan mereka sebagai favorit juara piala dunia 2022 adalah prestasi Tim Samba sebagai pengkoleksi trofi terbanyak Piala Dunia dengan 5 tofi.

Selain itu, Brasil juga tercatat 9 kali juara Copa America. Mereka juga menjuarai 4 kali Piala Konfederasi dan sekali menyabet medali emas Olimpiade musim panas.

Timnas Brasil sebenarnya punya beberapa julukan. Di antaranya, sebutan Selecao dan Tim Samba. Secara harfiah, Selecao berarti tim nasional.

Sebutan Tim Samba muncul karena para pemain Timnas Brasil seperti menampilkan tarian khas Brsil, Samba di tengah lapangan.

Tari Samba di tengah lapangan

Julukan Tim Samba mulai melekat saat pertandingan final Piala Dunia 1958 di Swedia. Kala itu, Brasil sukses meraih gelar juara dunia untuk pertama kalinya.

Berhadapan dengan tuan rumah Swedia, Brasil kalah dukungan suporter. Namun saat itu, suporter Brasil yang menonton berteriak, “Samba, Samba,” guna membakar semangat para pemain.

Pemain Brasil pun tampak tampil menggila di lapangan. Mereka akhirnya berhasill menaklukkan Swedia dengan skor 2-5.

Dengan teriakan ‘Samba’, suporter Brasil menari-nari untuk mendukung Timnas Brasil dan merayakan kemenangan saat itu. Dari situlah, julukan Tim Samba melekat untuk Timnas Brasil.

Editor: Denni Risman – Penulis: M. Amin