Kebakaran Landa Kantor Dinas Pendidikan Riau

Kebakaran melanda gedung utama Dinas Pendidikan Provinsi Riau di Jalan Cut Nyak Dien Nomor 3 Pekanbaru, Rabu (2/11/2022) malam.

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Kebakaran melanda gedung Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau di Jalan Cut Nyak Dien Nomor 3 Kota Pekanbaru sekitar pukul 19.00 WIB. Api diduga berawal dari bangunan kantin yang dekat dengan gedung utama kantor dinas tersebut.

Kobaran api terjadi cukup cepat karena di lokasi tiupan angin sangat kencang. Tidak lama api berkobar, petugas dari pemadam kebakaran pun langsung turun ke lokasi. Sekitar pukul 20.40 WIB kobaran api berhasil dipadamkan tim pemadam kebakaran dibantu Satpol PP yang kebetulan sedang patroli.

Kabid SMK Disdik Riau, Yusri membenarkan kebakaran terjadi di komplek Disdik Riau. Bahkan saat ini dia dan sejumlah pejabat sudah di lokasi. “Betul (terbakar), ini kami sedang di kantor juga. Api sudah padam, kejadian tadi habis magrib,” kata Yusri, Rabu 2 November 2022 malam.

Yusri mengatakan bersumber dari sebuah kantin yang ada di Disdik Riau. Beruntung api cepat dipadamkan dan tidak sampai menjalar ke gedung utama.

“Di kantin itu ada gudang berkas, itu agak terbakar. Tetapi merembet dikit saja tidak sampai terbakar, sekarang sudah padam,” katanya.

Yusri memastikan tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun para pegawai saat ini tengah mengevakuasi berkas-berkas penting yang tidak terbakar dan bisa diselamatkan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Riau M Job Kurniawan mengatakan, begitu terlihat ada api, petugas keamanan langsung menelpon petugas pemadam kebakaran. Kemudian dua unit mobil datang untuk melakukan pemadaman.

“Dengan bantuan dua unit mobil pemadam kebakaran, api kemudian dapat dikendalikan sehingga tidak menjalar kebangunan lainnya,” katanya.

“Alhamdulillah api bisa langsung dipadamkan sehingga tidak menjalar kebangunan lain. Jadi hanya kantin yang terbakar,” ujarnya.

Karena kebakaran sudah berhasil dipadamkan dan tidak menjalar kebangunan lain, menurut M Job hal tersebut tidak menggangu proses administrasi.

“Sehingga besok para pegawai di lingkungan Disdik Riau tetap masuk seperti biasa,” sebutnya. ***

Editor: Fahrul Rozi