Riau  

Gubri Tebar 6.000 Benih Ikan dan Tanam Bibit Pohon di Bengkalis

Gubernur Riau Syamsuar menebar 6.000 benih ikan dan menanam bibit pohon di Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, Rabu (9/11/2022).

LAMANRIAU.COM, BENGKALIS – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menebar 6.000 benih ikan Gurami, Bawal, dan Baung. Serta menanam 2.500 bibit pohon jenis Matoa, Aren, dan Pinang di Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, Rabu 9 November 2022.

Dalam kegiatan tersebut, Gubri didampingi Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (PTPH) Provinsi Riau, Syahfalefi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK), Mamun Murod, dan Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau, Erisman Yahya.

Tujuan dilakukannya penebaran benih ikan yakni untuk menjaga keseimbangan lingkungan/ekosistem perairan. Sementara penanam bibit pohon dilakukan agar tetap menjaga penghijauan lingkungan, apalagi Gubernur Syamsuar memiliki program strategis yakni Riau Hijau.

“Kami berharap dukungan semua pihak, ini (menabur benih ikan dan menanam bibit pohon) selain akan memperbaiki mutu lingkungan hidup kita, juga akan menumbuhkan usaha perekonomian yang akan dikembangkan ke depannya,” jelas Gubri.

Gubernur Syamsuar berharap dinas terkait, pelaku usaha, hingga lembaga swadaya masyarakat agar meneruskan kegiatan positif tersebut.

Sementara itu, Bathin Sibonga yang juga masyarakat sekitar, Datuk Mohammad Nasir Bathin Iyo Banso mengapresiasi kegiatan tabur benih ikan dan penanaman pohon yang dilakukan Gubernur Syamsuar.

Menurutnya, pohon memiliki berjuta manfaat bagi manusia dan lingkungan, sehingg pohon harus tetap dijaga untuk keberlangsungan hidup manusia, baik saat ini hingga masa depan.

“Pohon mempunyai peran yang sangat penting bagi makhluk hidup, sehingga harus kita jaga dan kita tanam,” pungkasnya. (ADV)

Editor: Fahrul Rozi