Sidang Paripurna HUT ke-23 Kabupaten Rokan Hulu, Pacu Program Pembangunan

Pembacaan ayat suci Alqurah sebelum memulai Rapat Paripurna DPRD Rokan Hulu dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Rokan Hulu ke-23, Sabtu (12/11/2022).

LAMANRIAU.COM, PASIR PENGARAIAN – Paripurna Hari Jadi Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) ke-23 Tahun 2022, dipimpin Ketua DPRD H Novliwanda Ade Putra ST MSi didampingi Wakil Ketua DPRD Hardi Chandra, Nono Patria Pertama SE dan Andrizal, Rabu 12 November 2022. Kegiatan ini mengusung tema “Bersatu Semakin Kuat, Maju Semakin Cepat”.

Paripurna tersebut dihadiri Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi diwakili Asisten I Masrul Kasmi, Bupati Rohul H Sukiman, Wakil Bupati H Indra Gunawan, Sekda Rohul M Zaki, Anggota DPRD Riau, Forkopimda Rohul. Anggota DPRD Rohul, Ketua KPUD Rohul, Bawaslu Rohul, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Mantan Bupati Rohul, Wartawan, LSM dan lain-lainnya.

Rapat Paripurna DPRD Rokan Hulu dalam rangka peringatan HUT ke-23 Kabupaten Rokan Hulu, Sabtu (12/11/2022).

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra menyampaikan Kabupaten Rohul, merupakan sebuah daerah hasil pemekaran Kabupaten Kampar.

“Berdiri pada tanggal 12 Oktober 1999 berdasarkan kepada UU Nomor 53/1999 dan UU Nomor 11/2003 tentang perubahan UU RI Nomor 53/1999,” katanya.

Anggota DPRD Rokan Hulu mengikuti kegiatan Rapat Paripurna HUT ke-23 Kabupaten Rokan Hulu, Sabtu (12/11/2022).

Lanjutnya, kabupaten ini diberikan julukan Negeri Seribu Suluk, sebagai negeri yang agamis yang kaya serat melimpahkan akan sumber daya alam.

“Selanjutnya, berdasarkan Perda Rohul Nomor 2/2022, telah ditetapkan 12 Oktober sebagai hari Jadi Kabupaten Rohul. Momentum Hari Jadi Kabupaten Rohul yang penuh dengan makna, untuk itu mari kita memacu program pembangunan pasca Covid-19,” tambahnya.

Anggota DPR RI Achmad dan Wakil Ketua DPRD Riau Syafaruddin Poti serta Forkompimda Rokan Hulu menghadiri rapat paripurna HUT ke-23 Kabupaten Rokan Hulu.

Dirinya mengajak semua komponen masyarakat untuk berkerja keras dalam mewujudkan pembangunan. “Namun apa yang telah dicapai jangan berpuas diri, tapi dijadikan memicu tumbuhnya pembangunan yang lebih maju,” paparnya.

Ketua DPRD Rohul mengapresiasi kepada pejuang dan pendiri Kabupaten Rohul yang telah mendarma bhaktikan jiwa dan raga untuk berdiri Kabupaten Rohul. “Semoga Allah akan membalas semua pengabdian serta kerja keras serta karya-karya tersebut,” pungkasnya.

Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy, Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu Sukiman-Indra Gunawan, sejumlah anggota DPRD Riau, anggota DPR RI Achmad dan Forkompimda menghadiri Rapat Paripurna HUT ke-23 Kabupaten Rokan Hulu.

Di tempat yang sama, Bupati Rohul H Sukiman mengatakan, pemerintah daerah menciptakan program strategis untuk kemajuan Kabupaten Rohul Negeri Seribu Suluk.

“Pemerintah daerah memiliki konsep pembangunan yang tujuannya yang jelas, khusus penanggulangan kemiskinan,” jelas bupati.

Wakil Ketua DPRD Riau Syafaruddin Poti dan Forkompimda Rokan Hulu menghadiri Rapat Paripurna HUT ke-23 Kabupaten Rokan Hulu.

Ia menyebutkan, dalam penanggulangan kemiskinan mulai tahun ini mendapat perhatian tersendiri dari pemerintah pusat, komitmen dari Pemerintah Provinsi yang harus ditindaklanjuti di tingkat kabupaten yaitu penanggulangan kemiskinan ekstrem yang harus tuntas pada tahun 2024 yang akan datang.

“Hal ini tentu menjadi tanggung jawab bersama untuk mensukseskan kepentingan masyarakat,” imbuhnya.

Dirinya berharap, agar menciptakan kekompakan bersama membangun Rohul yang lebih baik kedepannya. “Makanya dalam momen HUT Rohul kegiatan yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat seperti Rohul Ekspo,” paparnya.

Bupati Rokan Hulu H Sukiman, mantan Bupati Achmad dan Suparman beserta Tokoh Masyarakat melakukan salam kompak pada HUT ke-23 Kabupaten Rokan Hulu.

“Bagi saya memimpin Rohul sebagai ibadah kepada Allah SWT, meskipun tidak dipuji dan dikritik hal tersebut hal biasa membangun negeri,” paparnya.

Kemudian, Gubernur Riau Drs Syamsuar MSi diwakili Asisten I Masrul Kasmi, atas nama Pemprov Riau mengucapkan tahniah, semua daerah berpacu berlomba-lomba untuk maju. “Kita berharap, Pemerintah Daerah mampu bermusabah dan mengintropeksi diri, sehingga program-program terhadap masyarakat bisa lebih ditingkatkan,” paparnya.

Masrul Kasmi menjelaskan, pemekaran Kabupaten Kampar, termasuk salah satu Kabupaten Rohul yang dinilai sudah mampu meningkatkan pembangunan dengan baik. “Kami berikan apresiasi kepada founding father, semoga dicatatkan pada tinta emas, untuk dikenang para generasi muda saat ini,” ucapnya.

“Momentum Hari Jadi Kabupaten Rohul ini, semoga kita semakin berbenah dengan memanfaatkan potensi kebudayaan dan sumber daya alam,” paparnya.

Tambahnya, Pemprov Riau mendukung program-program strategis Pemerintah kabupaten Rohul. “Sehingga Kabupaten Rohul bisa lebih unggul dan maju di masa-masa mendatang,” terangnya.

Usai Gubernur Riau, kemudian Ketua DPRD Rohul menutup paripurna tepat pukul 13.14 Wib, selanjutnya menyaksikan video kegiatan DPRD Rohul dalam satu tahun, dilanjutkan foto bersama serta kegiatan lainnya. (GALERI FOTO DPRD ROHUL)