Curah Hujan Tinggi, Sekitar 1.750 Warga Rohil Terpaksa Mengungsi Akibat Banjir

Curah Hujan Tinggi, Banjir Melanda Di Rokan Hilir 1.750 Warga Mengungsi

LAMANRIAU.COM, BAGANSIAPIAPI – Intensitas tinggi hujan deras dalam beberapa hari terakhir di Riau membuat sejumlah daerah banjir. Banjir ini telah melanda permukiman warga Desa Bantayan Baru, Kecamatan Batu Hampar, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, Selasa 27 Desember 2022.

Akibat bencana alam itu, ribuan warga terpaksa mengungsi. Menurut Kepala BPBD Riau Edy Afrizal, ratusan kepala keluarga itu terdiri dari 1.750 jiwa. Ribuan orang tersebut telah meninggalkan rumah untuk mengungsi ke sanak saudara.

“Yang mengungsi 350 KK (Kepala Keluarga) dengan jumlah jiwanya 1.750 orang,” sebut kepala BPBD Riau, Edy Afrizal, saat di konfirmasi Kompas.com melalui sambungan telepon, Selasa.

Dari jumlah pengungsi tersebut, terdapat warga lanjut usia (lansia) sebanyak 47 orang, ibu hamil 27 orang, dan balita 108 orang. Edy mengatakan, kebanyakan warga mengungsi ke rumah keluarga dan kerabatnya.

“Sebagian ada yang di posko pengungsian yang di rikan,” kata Edy.

Ia mengatakan, akibat hujan deras dan pendangkalan sungai ini membuat banjir mencapai selutut orang dewasa.

“Sekarang sudah mulai surut. Semoga tidak hujan lagi,” harapnya.

Ia mengatakan, banjir saat ini terjadi di dua daerah yakni di Bengkalis dan Rokan Hilir.

“Kita terus siagakan personel di lapangan untuk mengantisipasi dan pertolongan pertama,” katanya.

BPBD Riau bersama pihak terkait sudah menyalurkan bantuan, khususnya korban banjir lansia, balita dan ibu hamil. Pemerintah mengirimkan bahan pokok dan logistik lainnya.

Editor: Fahrul Rozi/ Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews