Olek-olek Banjar di Simandolak, Kades Sampaikan Keluhan ke Plt Bupati Soal Lahan Persawahan Kesulitan Air

Plt Bupati Kuantan Singingi h Suhardiman Amby menghadiri kegiatan Olek-olek Banjar di Desa Pulau Ingu SImandolak, Kecamatan Benai, Minggu (22/01/2023).

LAMANRIAU.COM, SIMANDOLAK – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Drs H Suhardiman Amby Ak MM, Minggu 22 Januari 2023, menghadiri acara Olek-olek Banjar di halaman SDN 009 Simandolak, Kecamatan Benai.

Kesempatan ini dimanfaatkan Kepala Desa Pulau Ingu Simandolak Dede Kurniawan untuk menyampaikan permasalahan kepada Plt Bupati Suhardiman yakni soal lahan persawahan di desanya yang kini kesulitan air.

Di mana menurut Kades Dede Kurniawan, desa yang kini dipimpinnya itu memiliki luasan lahan persawahan 148,5 hektare, akan tetapi hanya 15 hektare yang sudah IP200. Hal itu terjadi akibat kesulitan air untuk pengairan lahan persawahan masyarakat di Desa Pulau Ingu Simandolak Kecamatan Benai tersebut.

“Saat ini lahan persawahan kami mengalami kesulitan air, sehingga yang mampu mengikuti program IP200 hanya seluas 15 hektare dari lahan seluas 148,5 hektare. Untuk itu Pak Bupati Suhardiman Amby, kami sangat berharap agar hal ini menjadi perhatian khusus untuk petani kami yang lahan persawahannya kesulitan air,” ungkap Dede penuh harapan.

Pengaduan Kades Pulau Ingu ini langsung direspon Plt Bupati Suhardiman Amby. Ia langsung memerintahkan Kepala Bappedalitbang Ir H Samsir Alam MM untuk melakukan pengecekan ketersediaan anggaran, agar bisa dicarikan solusi nantinya.

Suhardiman juga menginstruksikan Kepala BPKAD Kuansing Delis Martoni agar menyiapkan anggaran untuk lahan pertanian tersebut. Karena hal berkaitan erat dengan visi dan misi Pemkab Kuansing, untuk kesejahteraan masyarakat.

“Pak Kepala Bappedalitbang, Pak Kepala BPKAD tolong siapkan anggaran agar bisa kita carikan solusi untuk pengairan lahan persawahan ini,” pintanya.

Suhardiman juga memerintahkan Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Ketahanan Pangan (Kadistangan) Ir Emmerson untuk melakukan pemanggilan terhadap petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) ke kantor dinas.

“Panggil semua PPL yang terlibat ini, apa permasalahannya sehingga terjadi kekurangan air di lahan persawahan Desa Pulau Ingu ini. PPL harus turun ke sawah, jangan tidur-tidur saja. Mengapa bisa kekurangan air lahan persawahan ini,” tandasnya.***

Editor/Penulis: Suharman

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews