Dinahkodai Jon Hendri, KC-FSPMI Kuansing Resmi Terbentuk

Jon Hendri SE (tengah) foto bersama pengurus usai terpilih menahkodai KC-FSPMI Kuansing, Selasa (24/01/2023) di Telukkuantan.

LAMANRIAU.COM, TELUKKUANTAN – Satu lagi Serikat Pekerja yang berafiliasi nasional terbentuk di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). Jon Hendri diamanahkan menjadi Ketua Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (KC-FSPMI) Kabupaten Kuansing.

Penunjukan Jon Hendri berdasarkan mandat dari DPW FSPMI Provinsi Riau dan Selasa 24 Januari 2023 siang berhasil disepakati pembentukan kepengurusan KC-FSPMI Kuansing di Lantai II salah satu Ruko di Jalan Proklamasi, Telukkuantan.

Menurut Jon Hendri, mandat yang diterimanya pasca Rapimnas FSPMI VI di Jakarta beberapa waktu lalu.

FSPMI sendiri merupakan organisasi serikat buruh yang berafiliasi nasional dengan memiliki banyak leading sektoral pekerja di perusahaan yang ada di Indonesia. Baik mineral, energi, telekomunikasi, air, laut.

“FSPMI adalah salah satu induk serikat buruh berafiliasi Nasional dan bahkan internasional. Keberadaan KC-FSPMI di Kuansing untuk menyisir buruh-buruh perusahaan yang belum berserikat. Kami akan bentuk minimal 10 PUK SPA serikat buruh di Kuansing,” kata Jon Hendri.

Jon Hendri bertekad untuk membantu Pemerintah Daerah dalam menginventarisir para buruh-buruh yang bekerja di perusahaan yang belum terakomodir sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami akan segera memberikan surat pemberitahuan keberadaan KC-FSPMI Kuansing kepada Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas ketenagakerjaan Kuansing, serta pihak kepolisian. Pada prinsipnya kami membantu pemerintahlah, untuk menyisir para buruh yang bekerja di perusahaan baik sebagai karyawan maupun Buruh Harian Lepas (BHL), mereka harus terkover oleh BPJS Ketenagakerjaan,” tegasnya.

Saat ini, kata Jon Hendri, ada seratus serikat buruh yang tercatat di Disnaker Kuansing, namun hanya lebih kurang 10 PUK yang berafiliasi Nasional, selebihnya serikat bersifat internal (kedalam perusahaan).

“Keberadaan KC-FSPMI bukan pemecah untuk serikat yang berafiliasi nasional di Kuansing yang sebelumnya sudah ada, seperti SP NIBA AGN, dan SP NIBA Mandiri, namun untuk memperkuat keberadaan serikat buruh di Kuansing,” ungkapnya.

Untuk diketahui, kepengurusan KC- FSPMI Kuansing diketuai oleh Jon Hendri, SE, Sekretaris Arif Cahyadi, S.IP, dan Bendahara Kaswira Nondri, SH serta beberapa orang anggota. ***

Editor/Penulis: Suharman

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews