Riau  

Wagub Riau Optimis Angka Stunting di Riau Capai 14 Persen

Wakil Gubernur Riau Brigjen TNI (purn) Edy Natar Nasution melakukan pertemuan dengan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Provinsi Riau.

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Brigjen TNI (purn) Edy Natar Nasution melakukan pertemuan dengan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Provinsi Riau. Pertemuan ini dilakukan di Rumah Dinas Wakil Gubernur, Jalan Sisingamangaraja, Kota Pekanbaru, Kamis 26 Januari 2023.

Wagubri memaparkan, angka stunting di Riau saat ini tercatat 17 persen. Mengalami penurunan sebanyak lima persen dari tahun sebelumnya.

“Upaya yang kita lakukan selama ini Alhamdulillah telah membuahkan hasil. Kalau tadi disampaikan pada tahun 2021 angka stunting berada di 22,3 persen, sekarang berada di 17 persen. Dan kita berharap tentu pelaksanaan ini bisa lebih terkoordinasi lagi,” jelasnya.

Menurut Wagubri, penyelesaian penurunan stunting, tidak bisa hanya dilakukan oleh pihak pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah saja. Namun, membutuhkan pendekatan-pendekatan dari setiap lintas unsur seperti pihak swasta dan akademisi.

“Penyelesaian penurunan stunting ini tidak bisa hanya diserahkan kepada pihak pemerintah semata, karena membutuhkan pendekatan-pendekatan pentahelix. Jadi semua lintas unsur yang ada, baik dari pemerintah, swasta maupun akademisi, semua harus terlibat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Mantan Danrem Wira Bima/031 ini berharap kalau kegiatan dilakukan dengan serius dan terkoordinasi secara baik serta komunikasi juga berjalan lancar, maka Provinsi Riau mampu menurunkan angka stunting sesuai harapan dari target nasional yaitu 14 persen di tahun 2024.

“Harapan kita nanti di 2024 berada pada tingkat nasional yaitu 14 persen. Kalau kita betul-betul kerja dengan serius dan terkoordinasinya dengan baik, komunikasinya juga berjalan dengan baik saya yakin target itu (penurunan stunting) akan bisa kita capai,” katanya. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews