Riau  

Banjir Rob di Sejumlah Daerah di Riau Sudah Surut

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan BPBD Riau, Jim Ghofur

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Berdasarkan laporan yang diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, sejumlah wilayah Riau yang sebelumnya sempat dilanda banjir rob kini mulai surut. Wilayah-wilayah terdampak antara lain Kabupaten Indragiri Hilir, Kepulauan Meranti dan Kota Dumai.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan BPBD Riau, Jim Ghofur mengatakan, banjir rob yang melanda Inhil tahun ini memang lebih tinggi dari biasanya. Selain air pasang yang naik, kondisi juga diperparah dengan curah hujan yang tinggi melanda wilayah tersebut.

Namun karena banjir bersifat sementara, air yang menggenangi rumah warga termasuk rumah dinas Bupati Inhil tidak berlangsung lama. “Tidak lama, begitu air pasang surut, genangan air juga ikut surut,” katanya, Jumat 27 Januari 2023.

“Tidak ada banjir lagi, kemarin memang sempat ada banjir rob di Dumai, Kepulauan Meranti, termasuk Pelalawan juga ada banjir. Tapi sudah surut semuanya,” ujar Jim Ghofur.

Dijelaskan Jim, saat ini Riau memasuki peralihan dari musim hujan ke kemarau. Sehingga curah hujan yang terjadi tidak menyebar rata. Sebab ada beberapa daerah yang intensitas hujannya mulai berkurang.

“Karena berdasarkan prediksi BMKG, bulan Februari kita sudah masuk musim kemarau,” kata Jim. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews