Riau  

Irjen Agung Setya Imam Effendi Sambangi Aula Agung Setya Imam Effendi Rumah Toleransi Ansor Riau

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Sabtu siang (04/02/2023) Asisten Operasi Kapolri, yang juga Kapolda Riau 2019-2021 Irjen. Pol. Agung Setya Imam Effendi S.H, S.I.K bersama Istri, sambangi Ruang Aula Agung Setya Imam Effendi di Rumah Toleransi Pengurus Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Riau di Jalan KH Ahmad Dahlan Pekanbaru. Kehadiran sosoknya ditunggu dan disambut hangat oleh Purwaji Ketua PW GP Ansor Riau beserta jajaran kepengurusan dan kader, serta oleh Keluarga Besar Nahdlatul Ulama (KBNU) yang terdiri para pengasuh beberapa pondok pesatren di Kota Pekanbaru, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), dan Pergerakan Mahasiswa Muslim Indonesia (PMII).

Sosok Agung sendiri sebagaimana dijelaskan Purwaji dalam kegiatan silaturrahmi tersebut, sudah di-declare sebagai orang tua Ansor Riau. Kapolda Riau 2019-2021 yang menginisiasi diciptakannya aplikasi “Dash Board Lancang Kuning” untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan ini merupakan key person terealisasinya cita-cita Ansor Riau untuk memiliki sekretariat yang representatif dalam tugas kaderisasi kepemudaan dan layanan keummatan, yang diberi nama “Rumah Toleransi” ini.

“Pak Jenderal Agung yang dari kakek buyutnya juga jam’iyah nahdlatul ulama inilah, yang menginisiasi gerakan gotong royong terkumpulnya donasi 1,3 milyar untuk pembangunan Rumah Toleransi ini, pada saat kegiatan silaturahmi tokoh dan paguyuban masyarakat di Aula Tribrata Polda Riau, pada Jumat (27/8/2021) yang lampau. Karenanya dengan bangga Aula Agung Setya Imam Effendi ini yang kami namakan, menyambut setiap kedatangan Jenderal Agung kesini. Kapolda Riau kala itu, yang merupakan satu-satunya Kapolda yang all-out dalam menggalang donasi pembangunan Rumah Toleransi. Do’a kami, semoga karir jenderal bertambahan bintangnya, dan kesehatan jenderal berikut keluarganya, berlimpah keberkahan dari Allah SWT”, cakap Purwaji dalam sambutannya.

Sebelum sambutan Irjen. Pol. Agung Setya Imam Effendi, SH., S.I.K, Purwaji hadiahinya cinderamata exclusive varsity jacket 1 Abad NU, sempena resepsi akbar 1 abad NU pada 7 Februari mendatang. Agung di sambutannya utarakan terima kasih atas kehangatan sambutan kader Ansor dan KBNU Riau. Ia tak menyangka akan seramai ini, karena kabar hendak menyambangi Rumah Toleransi baru disampaikan pada Jum’at petang lalu. “Konsistensi kader Ansor Riau merawat Rumah Toleransi dengan fasilitasi ambulans dan kegiatan sinergisitas lainnya dengan lintas agama dan etnis, menunjukkan bahwa kesejatian kehadiran organisasi masyarakat hadir di Ansor ini, untuk bersinergi dengan ragam stakeholder, membantu segenap warga bangsa. Purwaji yang telah menahkodai Ansor Riau dengan legacy-nya melalui Rumah Toleransi ini, sudah tiba waktunya melangkah ke level nasional,” kata Agung. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews