Riau  

Evaluasi Program Bangga Kencana 2022 Jadi Masukan untuk Tahun 2023

Penandatangan Kinerja dan Penandatanganan Naskah Hibah Barang Persediaan 2023

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Program Bangga Kecana di Provinsi Riau tahun 2022 dievaluasi sekaligus dijasikan masukan dan perbaikan untuk program Bangga Kencana Tahun 2023. Salah satunya masih terkait dengan penurunan stunting.

Hal itu dikatakan oleh Kepala BKKBN Perwakilan Riau Mardalena Wati Yulia, saat membuka Prarapat Kerja Daerah (Pra-Rakerda) Program Bangga Kencana Tahun 2023 dan Forum percepatan penurunan stunting tingkat Provinsi Riau di Pekanbaru, Rabu 8 Februari 2023 malam di Pekanbaru.

Dikatakan, strategi dikuatkan sehingga lebih memperkuat dalam mendampingi keluarga beresiko stunting. Sehingga sasaran yang akan dituju menjadi jelas.

“Program yang ada seperti bapak asuh dan program lainnya menjadi kuat, juga akan dilakukan kembali semacam refresing untuk pendamping keluarga, kita di BKKBN Provinsi Riau kan memiliki 10.674 tim pendamping keluarga untuk mempercepat penurunan prevalensi tengkes di Riau, dari 17 persen pada tahun 2022 menjadi 14 persen pada tahun 2024. Maka itulah yang akan diperkuat,” jelasnya.

Dikatakan, pada tahun 2023 BKKBN berkolaborasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) KB, dinas terkait, dan pihak swasta menambah pembekalan lagi kepada TPK sebagai ujung tombak percepatan penurunan prevalensi tengkes.

Berdasarkan data Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) pada tahun 2022 bahwa prevalensi tengkes di Provinsi Riau sebesar 17,0 persen, atau turun dari data 2021 sebesar 22,3 persen.

“Atas dasar itu, Riau optimistis dapat menurunkan angka tengkes menjadi 14 persen pada tahun 2024. Oleh karena itu, keberadaan TPK harus diperkuat karena mereka langsung turun ke lapangan dan tahu masalah yang ada di lingkup terkecil di tingkat desa/kelurahan hingga keluarga,” katanya.

Mardalena Wati Yulia berharap pemerintah kabupaten/kota dan dinas serta OPD KB untuk terus melakukan penguatan kelembagaan tim percepatan penurunan stunting, serta membantu dan memfasilitasi pelaksanaan tugas dari TPK melalui dukungan sarana dan prasarana serta pembiayaan TPK.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penandatangan kinerja dan penanda tanganan naskah hibah barang persediaan tahun 2023 bersama Kepala OPD KB kab/kota se Riau di Pekanbaru.

Pelaksanaan Pra-Rakerda Program Bangga Kencana Tahun 2023 dan Forum Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Provinsi Riau. Acara di Pekanbaru diikuti kepala OPD KB se-Riau yang berlangsung 8 hingga 10 Februari 2023. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews