Riau  

Gubri Syamsuar Launching Maqari, Bumi Lancang Kuning Siap Jadi Generasi Qurani

Gubernur Riau Syamsuar meluncurkan Majelis Alquran Riau (Maqari) di Gedung Daerah Balai Serindit, Senin (20/02/2023).

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar resmi meluncurkan Majelis Alquran Riau (Maqari) di Gedung Daerah Balai Serindit, Jalan Diponegoro Pekanbaru, Senin 20 Februari 2023.

Maqari tersebut merupakan upaya dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk melahirkan generasi muda Riau Qurani yang berwawasan kebangsaan.

Gubernur Syamsuar berharap generasi muda di Riau menjadi penghafal Alquran yang handal.

Pada acara launching yang bertema Iftitah Maqari tersebut tampak hadir Organisasi Perangkat Daerah Pemprov Riau, dan Pemerintah Kabupaten/Kota, jajaran Forkopimda serta para ulama majelis quran di Saudi Arabia yang terhubung melalui virtual.

Mengawali pertemuan ini, Direktur Maqari, Mustafa Umar mengatakan sekarang ini merupakan peserta majelis quran angkatan pertama terdiri dari 20 orang anak yang sudah menghafal 30 juz.

Maqari adalah lembaga untuk pendidikan Alquran bagi pemuda dan prmudi dj Riau.

“Kemudian sebagian besar dari mereka bukan hanya hafal Alquran 30 juz tetapi juga mengetahui kedudukan ayat di dalam Alquran apabila kita baca pangkal ayat mereka ini akan dapat menyambungnya,” sebutnya.

Mustafa menjelaskan peserta Maqari ini juga apabila diuji, mereka mengetahui letak bacaan dari surat mana, halaman berapa, ayat ke berapa, kanan atau kiri dari halaman Alquran atas atau bawah.

Maqari menjadi satu-satunya dan yang pertamw di Indonesia.

Ia menambahkan, dengan adanya Majelis Alquran di Provinsi Riau ini generasi kedepannya dapat menjadi penerus yang menguasai ilmu syar’i dan ilmu sosial.

Alhamdulillah mereka telah menguasainya. Mudah-mudahan mereka ini akan menjadi ulama-ulama besar bukan hanya dalam ilmu-ilmu syar’i tetapi juga dalam ilmu-ilmu yang dikuasai biasa ini oleh profesional umum,” jelasnya.

Gubernur Syamuar bersama pimpinan Maqari Ustad Dr Mustafa Umar MA.

Sementara itu, Gubri Syamsuar menerangkan bahwa pembentukan dari Majelis Quran ini merupakan satu dari berbagai banyaknya tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2005-2025.

Visi Pembangunan Jangka Panjang Daerah Provinsi Riau 2005-2025 adalah Terwujudnya Provinsi Riau sebagai Pusat Perekonomian dan Kebudayaan Melayu dalam Lingkungan Masyarakat yang Agamis, Sejahtera Lahir dan Batin, di Asia Tenggara Tahun 2025:

Maqari akan melibatkan semua stakeholder yang ada di Provinsi Riau.

Oleh karena itu, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2024 merupakan pengejawantahan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Riau saat ini dalam perkembangan bidang keagamaan.

“Dengan begitu ditetapkan misi yaitu mewujudkan sumber daya manusia yang beriman berkualitas dan budaya lain Global melalui pembangunan Majelis Quran Riau sebagai upaya percepatan pembangunan Quran Center,” terangnya.

Orang nomor satu di Provinsi Riau ini mengungkapkan, Pemprov Riau siap bekerjasama dengan Saudi Arabia dalam berbagai bidang untuk menjadikan pusat Alquran di Riau menjadi rujukan pengambilan sanad untuk Asia Tenggara.

“Siap bekerjasama dalam berbagai bidang untuk menjadikan pusat Alquran di Riau menjadi rujukan dari pengambilan sanad Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Bukan saja untuk Indonesia bahkan untuk Asia Tenggara. Ini berkat usaha dan kerja keras kita semua serta dukungan dari Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Riau,” ungkapnya.

Maqari siap sebagai garda utams benteng generasi muda.

Dirinya menuturkan, dari hasil pembelajaran Alquran Maqari anak-anak hafiz ini diberikan beasiswa untuk belajar di universitas terkemuka di luar negeri dan dalam negeri dengan jurusan berbagai ilmu agama, IT, Bisnis, Sains dan Teknologi.

“Demikianlah yang dapat kami sampaikan pada kesempatan ini semoga Insyaallah Maqari ini juga ridho Allah subhanahu wa ta’ala diberikan kemudahan dalam rangka untuk mempersiapkan generasi yang qurani dan mudah-mudahan juga memiliki ilmu yang luar biasa baik dalam ilmu agama termasuk juga ilmu IT bisnis dan juga sains dan teknologi,” pungkasnya. (Galeri)

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews