DPRD Riau Dukung Kerjasama Pemprov dengan Tiga Universitas

Ketua DPRD Riau Yulisman menghadiri kegiatan MoU Pemprov Riau dengan tiga universitas yakni Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Diponegoro (Undip), dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Selasa (28/02/2023).

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Pemerintah Provinsi Riau melaksanakan kerjasama dengan tiga universitas sekaligus yakni Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Diponegoro (Undip), dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Selasa 28 februari 2023. Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan Pemprov Riau didukung oleh Ketua DPRD Riau Yulisman.

Yulisman yang menghadiri kegiatan tersebut mengatakan, kerjasama Pemprov Riau dengan beberapa perguruan tinggi ini merupakan ikhtiar untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih baik. Selain itu, juga bertujuan untuk pembangunan dari segala aspek. Di mana perguruan tinggi tentunya memiliki kajian ilmiah yang bisa diterapkan dalam membangun Bumi Lancang Kuning.

“Kita tahu peran perguruan tinggi dalam membangun bangsa ini sangat sentral. Banyak SDM andal terlahir dari perguruan tinggi yang kemudian pemikirannya banyak dipakai untuk tata kelola pemerintahan. Hal ini tentunya sangat kami dukung. Mengingat saat ini merupakan zaman kolaborasi dan sinergisitas. Jadi kita memang tidak bisa sendiri dalam membangun,” ungkap Yulisman.

Ia mengatakan, dari sisi SDM Riau memiliki banyak mahasiswa yang saat ini tengah menempuh studi di berbagai daerah, bahkan luar negeri. Termasuk juga di tiga perguruan tinggi yang baru saja menjalin kerjasama secara khusus dengan Pemprov Riau.

Harapan Yulisman, seluruh SDM Riau yang saat ini telah selesai menempuh pendidikan agar dapat kembali memberikan sumbangsih pemikiran untuk membangun Riau.

“Tentu kita sangat berharap adik-adik kita yang berkuliah di berbagai daerah, bahkan di luar negeri itu bisa kembali ke kampung halaman. Bangun daerah kita. Tuangkan pemikiran serta ilmu-ilmu yang sudah didapat,” tuturnya.

Soal dukungan pemerintah, dia berharap Pemprov Riau dapat lebih memperhatikan lagi beasiswa yang ditujukan kepada putra-putri Riau yang berkuliah di luar daerah. Menurut dia, generasi penerus merupakan aset yang sangat berharga bagi Riau karena dengan ilmu-ilmu yang diperoleh bisa berkontribusi untuk kemajuan daerah.

Kerjasama Pemprov Riau dengan Unpad, Undip dan UPI ini ditandatangani oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau SF Hariyanto bersama Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama SH MHum serta Wakil Rekor IV UPI Prof Dr Bunyamin Maftoh MPd MA.

Adapun beberapa poin tersebut di antaranya sama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengembangan, serta pengabdian masyarakat. (Adv)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews