Bunga Asoka Tanaman Hias Pembantu Kelancaran Puasa

Bunga Asoka

LAMANRIAU.COM – Selain fungsi estetis sebagai tanaman hias, bunga asoka juga bermanfaat bagi kesehatan selama menjalani ibadah puasa di Bulan Ramadhan.

Keberadaan tanaman hias bunga asoka selain membuat nyaman, tentunya akan meningkatkan semangat dalam beraktivitas juga membantu menenangkan suasana hati selama menjalankan ibadah puasa.

Banyak yang memilih tanaman hias bunga asoka sebagai media untuk memperindah sekaligus mempernyaman lingkungan rumah. Rupanya yang cantik memberikan sugesti yang menenangkan.

Bunga Asoka menjadi pilihan yang pas untuk memeriahkan suasana Bulan Ramadhan. Selain menjadi hiasan yang cantik, juga membantu persiapan diri dalam menunaikan ibadah puasa. Sebab, bunga asoka memiliki manfaat yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Berdasarkan berbagai penelitian, bunga asoka memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Biji bunga asoka dapat dikonsumsi untuk mengendalikan batu ginjal. Caranya, cukup konsumsi bubuk biji bunga asoka dengan air minum. Caranya sederhana namun dapat mengurangi rasa sakit ekstrasi batu ginjal.

Selain bagian bijinya, daun bunga asoka juga dapat dikonsumsi. Khasiatnya, dapat mengobati infeksi cacing, mengurangi rasa sakit, dan meredakan kembung.

Pada bagian bunganya, berkhasiat untuk mengobati gejala disentri hemoragik, mengatasi haid yang tidak lancar, mengusir kram, dan mengobati luka memar pada tubuh.

Manfaat lain yang bersifat herbal pada bunga asoka terdapat pada kulit batangnya. Melalui pengolahan yang tepat, kulit batang bunga asoka dapat bermanfaat bagi vitalitas pria dan penguat sistem reproduksi wanita karena mengandung bahan esterogic berupa esgorterol.

Kulit batang bunga asoka juga mengandung khasiat senyawa herbal lainya, sepeti Hemaktosilin, yang sebagai pewarna alami yang dipergunakan dunia kedokteran dalam penelitian. Mengandung tanin yang berkhasiat sebagai astringen, anti diare, anti bakteri dan antioksidan. Mengandung zat besi dan unsur organik lainnya.

Itu sebabnya bunga asoka menjadi tanaman yang cocok memeriahkan Bulan Ramadhan. Kekayaan manfaat bunga Asoka dapat membatu kelancaran dalam berpuasa. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews