Gempa Bumi 6,4 Magnitudo Guncang Padang Sidempuan

LAMANRIAU.COM, MEDAN – Gempa bumi dengan kekuatan 6,4 magnitudo mengguncang wilayah Padang Sidempuan, Sumatera Utara malam ini pukul 21.59 WIB, Senin 03 April 2023. BMKG menyampaikan kedalaman gempa berada di 102 kilometer.

Gempa yang terjadi tersebut dilaporkan tidak berpotensi tsunami. Belum ada informasi lebih lanjut terkait dampak kerusakan maupun ada tidaknya korban akibat gempa. BMKG mengimbau warga mewaspadai gempa susulan. “Tidak berpotensi tsunami,” tulis BMKG.

Titik koordinat gempa 0,86 Lintang Utara dan 98,73 Bujur Timur. Tepatnya pada 82 km barat daya Padang Sidempuan. Persisnya di 82 km barat daya Padang Sidempuan. BMKG menyarankan agar hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi.

“Getarannya cukup lama, sempat membuat khawatir dan keluar rumah, semoga tidak terjadi apa-apa,” ujar Parsaulian Lubis warga Padang Sidempuan.

Saat gempa terjadi Parsaulian baru saja usai melaksanakan sholat taraweh. “Saya baru keluar dari mobil, langsung goyang, takut kenapa-kenapa,” katanya.

Getaran gempa 6,4 itu terasa berkisar selama dua menit. Getarannya cukup membuat kepala pusing. Kepanikan warga sempat terlihat di Padang Sidempuan karena kejadian tersebut.

“Semoga saja di daerah lokasi gempa tidak banyak kerusakan apalagi korban jiwa,” ucapnya.

Gempa tersebut juga dirasakan oleh warga Padang. Salah seorang warga Padang, Tio Furqon mengatakan, gempa bumi dirasakan saat ia duduk di kawasan Simpang Tinju, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang.

“Cukup kencang, saya yang duduk di warung segera mencari tempat yang lebih aman,” katanya.

Tio menambahkan, gempa juga terasa lebih dari dua puluh detik. “Getaran cukup lama lebih kurang dua puluh detik,” ujarnya.

Menurut BMKGgempa bumi magnitudo 6,4 yang terjadi di Padang Sidempuan dirasakan sampai ke Pekanbaru hingga Kota Padang. “Wilayah dirasakan (skala MMI) IV Gunungsitoli, III-IV Nias Barat, II Banda Aceh, III Padang, II Pekanbaru,” tulis dalam situs BMKG.

Gempa ini dirasakan untuk diteruskan pada masyarakat. BMKG mengingatkan masyarakat agar warga waspada terhadap gempa susulan. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews